Workshop DIY Fakultas Industri Kreatif Ubaya: Berkreasi Dengan Kain Flanel samueldim March 20, 2023

Workshop DIY Fakultas Industri Kreatif Ubaya: Berkreasi Dengan Kain Flanel

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Kelompok Studi Mahasiswa Human Interaction Product (KSM Hunter) dari Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (FIK Ubaya) mengadakan Workshop Do It Yourself (DIY) Felt Craft 2023 yang berlangsung pada Jumat, 17 Maret 2023. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk mengeksplorasi kreativitas mahasiswa FIK Ubaya melalui pembuatan boneka berbahan kain flanel. Workshop dilaksanakan secara offline di Gedung PB 1.2, Kampus II Ubaya, Tenggilis, dan dihadiri puluhan mahasiswa/i FIK Ubaya angkatan 2021 hingga 2022. Acara ini turut dihadiri oleh Wyna Herdiana, S.T., M.Ds., selaku Wakil Dekan FIK Ubaya; Christabel Annora Paramita Parung, S.T., M.Sc., selaku Dosen Pembimbing Organisasi Mahasiswa FIK Ubaya; dan Viofelita Gunawan, S.Ds, M.A., selaku Dosen FIK Ubaya serta narasumber workshop.

Kegiatan dibuka dengan kata sambutan dari Wyna yang menyambut hangat kehadiran para peserta. “Melalui workshop ini, mahasiswa akan banyak mempelajari hal baru, khususnya dalam pembuatan boneka berbahan kain flanel,” ucap Wyna. Turut dijelaskan oleh Wyna bahwa KSM Hunter banyak mengadakan kegiatan serupa dengan mengundang alumni agar mahasiswa FIK Ubaya bisa mendapatkan ilmu di luar kelas perkuliahan. “Semoga melalui workshop ini para peserta yang hadir bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru,” harap Wyna.

Workshop dimulai dengan dibagikannya sebuah kotak berisikan alat dan bahan untuk membuat boneka kain flanel kepada mahasiswa yang hadir. “Kain yang biasanya digunakan adalah kain flanel yang akan diisi menggunakan dakron, atau jika ingin lebih ramah lingkungan bisa diganti dengan kain perca,” ujar Vio. Contoh boneka kelinci dan paus yang dibuat dari bahan yang berbeda kemudian ditunjukkan oleh Vio, untuk menampilkan macam-macam kreasi yang dapat dibentuk oleh peserta. “Bahan yang dipakai dalam pembuatan boneka bisa dibuat sesuai keinginan dan keperluan, entah sebagai souvenir atau gantungan kunci,” jelas Vio. Dalam kotak alat dan bahan, Vio juga telah menyediakan tiga bentuk hewan yaitu paus, kelinci, dan gajah yang dapat digunakan peserta sebagai panduan awal membuat boneka.

Siti Umaroh, mahasiswi FIK Ubaya angkatan 2021, selaku Wakil Ketua Acara Workshop DIY Felt Craft menyatakan kegiatan tahun ini diadakan secara offline untuk pertama kalinya pasca pandemi. “Workshop diadakan secara offline dengan harapan para peserta bisa belajar dengan bimbingan secara langsung dari dosen dan narasumber yang hadir,” papar Siti. Ia turut berharap acara yang diadakan setiap tahunnya ini bisa menjadi ruang untuk mengeksplorasi kemampuan mahasiswa. “Semoga dengan diadakannya workshop ini, peserta bisa mendapatkan banyak ilmu baru dalam pembuatan boneka berbahan flanel,” harap Siti. (ket,dhi/vj/4211)