Analisis Kandungan Gula bersama KSM Teknik Kimia Ubaya samueldim March 20, 2023

Analisis Kandungan Gula bersama KSM Teknik Kimia Ubaya

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Sabtu, 18 Maret 2023 Kelompok Studi Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Surabaya (KSM-TK Ubaya) mengadakan kegiatan Pelatihan Analisa 2023. Dengan tajuk “CARANOLS: Carbohydrate Analysis with Phenol Sulphuric Acid”, kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk lebih memahami tahapan analisis karbohidrat pada bahan pangan. Pada kesempatan tersebut, Prof. Ir. Lieke Riadi, Ph.D., selaku Kepala Laboratorium Teknologi Bioproses dan Proses Lingkungan (TBPL), dan Ong Lu Ki, S.T., Ph.D., selaku Dosen Jurusan Teknik Kimia Ubaya, menghadiri kegiatan tersebut sebagai dosen pembimbing dan pembawa materi. Dilaksanakan secara luring di Laboratorium TBPL Ubaya, Pelatihan Analisa 2023 dihadiri oleh puluhan mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Ubaya.

“Dalam suatu biomassa, terdapat banyak sekali nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air,” ujar Ong membuka materinya. Komponen-komponen tersebut terdapat dalam biomassa baik yang merupakan bahan pangan maupun bukan. Dari komponen tersebut, karbohidrat menjadi salah satu nutrisi yang paling penting untuk dianalisis. “Hal ini dikarenakan berbagai jenis gula termasuk dalam karbohidrat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui konten gula dalam bahan pangan, terutama bagi penderita diabetes,” lanjut Ong.

Adapun karbohidrat pada bahan pangan tersebut akan dianalisis dengan menggunakan fenol dan asam sulfat. “Bahan pangan mengandung karbohidrat akan mengalami perubahan warna apabila direaksikan dengan fenol dan asam sulfat,” tutur Ong. Perubahan warna tersebut kemudian akan menjadi dasar penentuan seberapa banyak kandungan gula dan karbohidrat lainnya pada bahan pangan. “Dilakukan analisis secara spektrofotometri untuk menentukan konsentrasi karbohidrat pada sampel dengan lebih akurat,” jelasnya.

Pelatihan Analisa 2023 disambut dengan antusiasme seluruh pesertanya. Modesta Ervina, mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2021, mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat berkesan. “Pelatihan Analisa 2023 sangat menarik dan ilmu yang diberikan berguna bagi mahasiswa Teknik Kimia,” ujarnya. Ke depannya, Modesta berharap dapat dilakukan Pelatihan Analisa yang melibatkan analisis bahan pangan lainnya. “Saya ingin kegiatan ini tetap diadakan pada tahun berikutnya,” pungkas Modesta. (cbw/vnd/4212)