Ubaya Career Fest 2023: Jamin Karir Mahasiswa dan Lulusan samueldim March 16, 2023

Ubaya Career Fest 2023: Jamin Karir Mahasiswa dan Lulusan

(Reportase Warta Ubaya @wartaubaya)

Direktorat Pengembangan Kemahasiswaan Universitas Surabaya (Ubaya) melalui Pendampingan Karir dan Hubungan Alumni dan Career Assistance Center (CAC) mengadakan Ubaya Career Festival (UCF) pada 6-16 Maret 2023. Rangkaian acaranya ditutup dengan Career Fair pada tanggal 15-16 Maret 2023. Career Fair diadakan dengan harapan dapat membantu mahasiswa atau lulusan Ubaya serta kalangan umum dalam mendapatkan informasi lowongan bahkan pekerjaan.  Diadakan kembali secara offline untuk ketiga kalinya setelah pandemi, UCF berlangsung di Perpustakaan Ubaya Lantai 5 dengan ratusan partisipan dari kalangan Ubaya dan umum.

“Menghadirkan total 33 stan perusahaan terpilih, kami harap dapat membantu mahasiswa terhubung untuk berkarir setelah lulus, jadi tidak langsung dilepas begitu saja,” ujar Calvin Hadinata S.E., selaku Manajer Manajer Pendampingan Karir dan Hubungan Alumni, sekaligus Ketua Acara UCF 2023. Selain segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus, Ubaya juga mengharapkan agar mahasiswa dapat bekerja di perusahaan terpandang dan berkarir dengan baik. Alih-alih mengejar nama besar, mahasiswa justru diminta dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk diaplikasikan dalam lingkup pekerjaan. “Kebanyakan mahasiswa Ubaya setelah lulus langsung mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang baik, jadi UCF ini juga ada untuk menyalurkan mahasiswa dari kalangan umum pula, hitung-hitung menjaga tali persaudaraan dengan perusahaan kerjasama,” pungkas Calvin.

Tidak hanya membantu mahasiswa dan lulusan, UCF dihadirkan untuk memperluas lingkar kerjasama Ubaya dan perusahaan-perusahaan nasional. “Sudah terdapat puluhan perusahaan besar yang bekerjasama dengan Ubaya, harapannya tahun ini bisa mencapai 55 perusahaan supaya sama dengan usia kampus kita,” kekeh Calvin. Mengaku sebagai upaya menjaga akreditasi kampus, Ubaya dan perusahaan yang berpartisipasi dalam UCF saling memberikan pertukaran simbiosis mutualisme. Maksudnya, perusahaan yang hadir dalam UCF tidak perlu membayar biaya untuk membangun stan. “Toh, Ubaya sudah mendapatkan banyak keuntungan dengan adanya kerjasama perusahaan, jadi sudah tidak perlu dipungut biaya lagi,” kata Calvin.

UCF akan terus hadir setiap sebulan sebelum diadakan graduasi. Selain memperbanyak perusahaan yang tergabung dalam UCF untuk merekrut mahasiswa maupun lulusan Ubaya, harapannya mahasiswa juga bisa gencar memperoleh informasi atau pekerjaan impian. “Saya harap, kedepannya UCF bisa terus menjadi tali persaudaraan Ubaya dengan perusahaan,” ujar Calvin. Tidak hanya itu, perencanaan karir melalui magang atau pekerjaan tetap lainnya dapat secara langsung mahasiswa konsultasikan dengan CAC. “Teman-teman mahasiswa mungkin banyak yang belum tau, tapi kita di Ubaya punya CAC yang bisa membantu teman mengarahkan perjalanan karir kedepannya seperti apa,” tutup Calvin. (mon/jel/4210)