Kuliah Umum Fakultas Hukum Ubaya, Hadirkan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur samueldim March 13, 2023

Kuliah Umum Fakultas Hukum Ubaya, Hadirkan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur

Universitas Surabaya (Ubaya) menjamin adanya sinergi dengan para praktisi terbaik di bidangnya. Hal ini juga dilakukan oleh Fakultas Hukum Ubaya, melalui adanya Kuliah Umum oleh Dr. Mia Amiati, S.H., M.H., selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Kuliah umum yang dilaksanakan pada Senin, 13 Maret 2023 ini dihadiri oleh sedikitnya ratusan civitas akademika Ubaya, terkhususnya mahasiswa Fakultas Hukum, pimpinan Fakultas Hukum, dan para pengajar Fakultas Hukum.

Dr. Yoan Nursari Simanjuntak, S.H., M.Hum., selaku Dekan Fakultas Hukum Ubaya pun menerangkan bahwa mahasiswa harus memanfaatkan pertemuan ini dengan baik. “Kesempatan belajar yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ungkap Yoan. Ia pun menerangkan bahwa kehadiran Bu Mia selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur akan memperluas pandangan teman-teman mahasiswa, terkhususnya tentang konsep ‘restorative justice’.

Dr. Mia Amiati, S.H., M.H., membawakan materi tentang ‘Peran Kejaksaan Dalam Penanganan Perkara Berdasarkan Restorative Justice’. “Hukum itu ibarat 2 sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan,” ungkap Mia. Ia pun menerangkan bahwa dimana ada tatanan sosial masyarakat dan bangsa, akan ada hukum yang berfungsi bagi masyarakat. “Masyarakat harus mematuhi hukum karena hukum berguna untuk melindungi masyarakat,” tambahnya.

Pada kesempatan ini Dr. Mia Amiati, S.H., M.H., juga meresmikan rumah restorative justice “Omah Rembug Adhyaksa Ubaya”, dan mini museum Fakultas Hukum Ubaya. Yoan berharap bahwa rumah ini dapat menjadi tempat pembelajaran yang baik untuk civitas akademika Fakultas Hukum Ubaya, untuk melihat penanganan perkara berbasis restorative justice. (sml/sml/4204)