Mengembangkan Potensi Kerja Calon Sarjana, Ubaya Gelar Seminar Insight Series samueldim March 11, 2023

Mengembangkan Potensi Kerja Calon Sarjana, Ubaya Gelar Seminar Insight Series

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Senin, 6 Maret 2023 Career Assistant Center (CAC) Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan seminar Insight Series dengan tema “Impress Recruiters During Job Seeking”. Tujuan diadakannya acara tersebut adalah untuk membantu para lulusan sarjana agar dapat segera mendapat pekerjaan. Seminar tersebut diadakan di Gedung Perpustakaan Lantai 5 Ubaya dan dihadiri oleh puluhan peserta. Pada kesempatan tersebut, Agnes Felicia Budiman, S.Psi., M.Psi., Psikolog, selaku Senior Consultant PT Dayalima Recruitment, hadir sebagai pembawa materi.

Menurut Agnes, terdapat beberapa waktu terbaik dalam mengirim lamaran pekerjaan ke Human Resource Department (HRD) suatu perusahaan. “Waktu terbaik untuk mengirim lamaran kerja adalah sekitar pukul 10.00-16.00,” tutur Agnes. Mengirim lamaran pada waktu tersebut lebih mungkin untuk dibaca oleh HRD karena saat-saat tersebut berada di dalam jam kerja. Tak hanya itu, Agnes juga mengutarakan pentingnya Curriculum Vitae (CV) dalam sebuah lamaran. “Recruiter dan HRD membaca CV yang diberikan oleh pelamar untuk dapat mengetahui kompetensi serta kemampuan mereka,” ujarnya. Oleh karena itu, Agnes juga menekankan bahwa CV harus dibuat sebaik mungkin dengan berbagai informasi yang lengkap.

CV yang bagus dapat membuat para pelamar lolos ke tahap berikutnya, yaitu interview atau wawancara. “Pada sesi interview, recruiter akan menggali lebih dalam mengenai para pelamar,” jelas Agnes. Dari sesi interview, diharapkan pihak recruiter dapat mengenal diri para pelamar dari segi pencapaian hingga potensi. “Sebelum interview, pelamar harus dapat menjelaskan kualifikasi yang terdapat di dalam CV,” ucap Agnes. Namun, para pelamar diharapkan tidak hanya sekadar menghafal apa yang dituliskan di dalam CV. “Kami harap kalian dapat lebih menjelaskan soal pengalaman agar bisa mendapat gambaran diri dengan jelas,” ungkap Agnes.

Sesi penyampaian materi diterima oleh para audiens dengan antusiasme tinggi. Salah satu peserta yang hadir pada acara tersebut, yaitu Clara, menyampaikan sebuah pertanyaan kepada Agnes. “Ada beberapa recruiter yang menanyakan soal mau gaji berapa kepada para pelamar. Bagaimana pelamar harus menjawab pertanyaan tersebut?” tanyanya. Menanggapi pertanyaan tersebut, Agnes menjawab bahwa para pelamar harus cari tahu terlebih dahulu. “Lebih baik research dulu mengenai range gaji yang ditawarkan oleh perusahaan, sehingga ketika ditanyakan, pelamar dapat menjawab sesuai dengan ekspektasi dari tempat yang dilamar tersebut,” pungkas Agnes. (cbw/vnd/4198)