Pusdakota Adakan Pelatihan untuk Tingkatkan Kesehatan Remaja dan Ibu Rumah Tangga samueldim March 3, 2023

Pusdakota Adakan Pelatihan untuk Tingkatkan Kesehatan Remaja dan Ibu Rumah Tangga

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Senin, 27 Februari 2023, Pusat Pemberdayaan Komunitas Perkotaan Universitas Surabaya (Pusdakota Ubaya) menyelenggarakan Pelatihan Kesehatan Remaja dan Ibu Rumah Tangga. Acara ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan ibu dan anak. Diselenggarakan di Pendopo Pusdakota Ubaya, kegiatan dihadiri oleh puluhan peserta dari komunitas atau mitra di lingkungan sekitar Kalirungkut, Surabaya. dr. Rachmad Poedyo Armanto, Sp.OG. dan dr. Lucia Pudyastuti Retnaningtyas, Sp.A., selaku Dosen Fakultas Kedokteran Ubaya hadir menjadi narasumber dalam pelatihan ini.

Masyhur, S.T., selaku Manajer Komunikasi Pengembang Sarana dan Prasarana Pusdakota Ubaya sekaligus ketua acara pelatihan mengungkapkan dua buah tema yang dibawa, yakni “Pencegahan Kanker Leher Rahim” dan “Mengatasi Anak Gerak Tutup Mulut (GTM) untuk Cegah Stunting”. “Tema pertama ditujukan untuk mengedukasi peserta, terutama para remaja, untuk memerhatikan kebiasaan seksualnya. Sedangkan, tema kedua diharapkan dapat meningkatkan kesehatan anak,” ujarnya. Masyhur menambahkan bahwa acara ini diselenggarakan tiap tahun atas rancangan Satuan Program Pengembangan (SPP) Pusdakota tahun 2022/2023. “SPP tersebut akan terus kita aktifkan untuk mengedukasi dengan topik yang selalu disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Pelatihan ini diisi dengan penyampaian materi oleh narasumber mengenai “Pencegahan Kanker Leher Rahim” oleh dr. Rachmad dan “Mengatasi Anak GTM untuk Cegah Stunting” oleh dr. Lucia. Di samping itu, terdapat pula sesi pratik edukasi. Sesi praktik tersebut membahas mengenai cara menghitung gizi seseorang, terutama pada anak-anak dengan tinggi dan berat badan yang ada. Melalui terselenggaranya kegiatan ini, Masyhur berharap, “Semoga ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat serta mampu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.”(nj, jes/vnd/4192)