Ubaya Buka Peluang Komersialisasi Inovasi Dosen oleh Industri samueldim February 10, 2023

Ubaya Buka Peluang Komersialisasi Inovasi Dosen oleh Industri

Ubaya Innovaction Hub (UIH) menggelar Ubaya Innovaction Expo 2023. Bertajuk “Creating a Better World through Innovation”, acara ini memperkenalkan puluhan ciptaan dosen Ubaya kepada perusahaan-perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mempercepat hilirisasi. Pameran dilakukan pada Kamis, 9 Februari 2023 di Gedung Perpustakaan lantai 5, Kampus Ubaya Tenggilis.

Direktur UIH, Prof. Drs.ec. Sujoko Efferin, M.Com(Hons)., M.A., Ph.D., mengatakan bahwa pameran ini memiliki tujuan untuk memperkuat sinergi Ubaya dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). “Ubaya berkontribusi secara optimal untuk menghadapi abad inovasi yang tengah berlangsung saat ini,” jelasnya. Ia menerangkan bahwa Ubaya telah memiliki banyak inovasi yang mencakup hak kekayaan intelektual (HKI) dari paten, desain industri, dan hak cipta.

Invensi yang dipamerkan merupakan hasil penelitian dosen dan mahasiswa dari ragam kepakaran ilmu yang ada di Ubaya. Semua invensi telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Hal ini membuat invensi dapat masuk ke tahap hilirisasi yang melibatkan industri.

Rektor Ubaya, Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T, mengatakan invensi yang dikombinasikan dengan manajemen yang kuat dari berbagai pihak dapat memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat.  “Produk yang ada di Ubaya memiliki prospek yang baik untuk industri,” ujarnya. Ia menambahkan, ke depan Ubaya akan menyajikan lebih banyak inovasi.

Jhonny Thio Doran selaku ketua Entepreneurship Advisory Board (EAB) Ubaya mengapresiasi komitmen Ubaya dalam menghasilkan inovasi. “Penemuan-penemuan ini semoga dirasakan manfaatnya oleh banyak pihak, khususnya masyarakat,” tutupnya. (el/el/4172)