Kembangkan Jiwa Entrepreneurship Dengan Kewirausahaan Komprehensif samueldim January 19, 2023

Kembangkan Jiwa Entrepreneurship Dengan Kewirausahaan Komprehensif

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Rabu, 18 Januari 2023, Universitas Surabaya InnovAction Hub (Ubaya InnovAction Hub / UIH) mengadakan sosialisasi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pada kesempatan tersebut, kegiatan MBKM yang disosialisasikan adalah Kewirausahaan Komprehensif. Tujuan dari diadakannya sosialisasi adalah untuk membantu mahasiswa Ubaya mengembangkan jiwa entrepreneurship mereka melalui kegiatan MBKM Kewirausahaan Komprehensif. Materi sosialisasi dibawakan oleh Yayon Pamula Mukti, S.TP., M.Eng., selaku Manajer Inkubator dan Akselerator Bisnis UIH. Sosialisasi MBKM ini dihadiri oleh mahasiswa Ubaya dari berbagai fakultas.

“Di UIH, kami bertanggung jawab terhadap dua mata kuliah, yaitu Kewirausahaan dan Inovasi (KWI), serta Startup Business Development,” jelas Yayon membuka diskusi. Kewirausahaan dan Inovasi adalah mata kuliah wajib seluruh mahasiswa Ubaya yang minimal telah menempuh masa pendidikan selama lima semester. Sementara itu, Startup Business Development adalah mata kuliah pilihan yang dapat diambil dengan syarat lulus KWI. “Startup Business Development lebih bersifat praktikal,” ucap Yayon.

Untuk menajamkan konsep Startup Business Development, Ubaya bersama UIH membuat program MBKM Kewirausahaan Komprehensif. “Tujuan program ini adalah memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha untuk mengembangkan usahanya lebih dini dan terbimbing,” jelas Yayon. Bimbingan yang didapatkan para peserta MBKM berasal dari mentor atau coach dengan pengalaman dan pengetahuan wirausaha. “Mentor yang kami datangkan akan memiliki pengalaman relevan dengan minat para peserta. Misalnya peserta MBKM ingin mendirikan usaha katering, maka kami mendatangkan mentor dengan pengalaman di bidang FnB (Food and Beverage),” terang Yayon.

Nicholas Tristan, mahasiswa Ubaya Fakultas Hukum 2021, mengikuti kegiatan ini karena ia ingin belajar lebih dalam untuk mengembangkan usahanya. “Dengan mengikuti MBKM Kewirausahaan Komprehensif, saya berkesempatan belajar dari berbagai mentor untuk mengembangkan usaha saya,” ujar Tristan. Tak hanya itu, Tristan berharap program MBKM dapat membantu mahasiswa Ubaya untuk mendapatkan keuntungan dari usaha mereka. “Saya juga harap program MBKM ini dapat diikuti oleh mahasiswa Ubaya semester empat,” pungkasnya.(cbw/fg2/4134)