Matching Fund, Ubaya Tingkatkan Kualitas Produk dan SDM PT. Sumber Lancar Cemerlang samueldim December 27, 2022

Matching Fund, Ubaya Tingkatkan Kualitas Produk dan SDM PT. Sumber Lancar Cemerlang

Universitas Surabaya (Ubaya) berkontribusi nyata untuk pengembangan industri. Salah satunya melalui matching fund (MF) “Quality Safety Hand Gloves” yang digarap tim dosen dan mahasiswa Ubaya. Kegiatan pada MF yang diketuai Dr. Drs. V. Heru Hariyanto, M.Si., selaku Dosen Fakultas Psikologi ini adalah melakukan riset untuk peningkatan kualitas produk serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) PT. Sumber Lancar Cemerlang.

Heru mengatakan, kerjasama ini sebenarnya telah dilakukan sejak 2019, yakni berupa program magang bagi mahasiswa Ubaya. Pada MF kali ini, Ubaya memperluas kontribusinya untuk membantu perusahaan melakukan riset tanggapan konsumen terkait produk sarung tangan. Riset ini nantinya akan diberikan ke perusahaan agar nantinya bisa dilakukan perubahan produk sebelum sampai ke konsumen.

Tak hanya itu, Heru dan tim juga memberikan pelatihan kepada karyawan perusahaan. “Ubaya berpikir, kalau produknya ingin berkualitas, maka SDM yang membuatnya pun juga harus memiliki management yang berkualitas. Kita tidak mengejar sisi profit saja, tetapi juga menata sistem yang dilakukan karyawan,” jelasnya.

Mahasiswa yang terlibat dalam MF ini tak hanya mendapat kesempatan magang, namun secara tidak langsung terlibat sebagai konsultan dalam hal manajemen perusahaan. Mereka juga dilatih untuk memasarkan produk hingga terjun langsung melakukan expo di Jakarta. “Saya rasa ini adalah kesempatan berharga yang dosen tidak bisa berikan. Mahasiswa mendapat pengalaman secara menyeluruh,” imbuh Heru.

MF ini juga menggandeng dosen dari Fakultas Teknik Ubaya untuk pembuatan International Standardization Organization (ISO). Hal ini dilakukan agar perusahaan siap untuk ekspor produknya ke mancanegara. “Semoga MF ini dapat memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan PT Sumber Lancar Cemerlang yang nantinya juga dapat dirasakan oleh masyarakat,” tutup Heru. (el/ist)