Pengabdian Masyarakat, Ubaya Adakan Pelatihan Pengolahan Sayur Organik samueldim December 20, 2022

Pengabdian Masyarakat, Ubaya Adakan Pelatihan Pengolahan Sayur Organik

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan pengabdian masyarakat yang mengangkat tema “Pelatihan Pengolahan Sayur Organik” pada Sabtu, 17 Desember 2022. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diketuai oleh Windra Prayoga, S.TP., M.Sc., Ph.D.,selaku Dosen Fakultas Teknobiologi Ubaya. Dengan tujuan mendorong masyarakat untuk mengolah sayur menjadi komoditas yang bernilai tambah, Dr. drh. Ratna Yulistiani, M.P.,selaku Dosen Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur hadir sebagai narasumber pada pelatihan tersebut. Diselenggarakan secara luring di permukiman warga Kecamatan Tenggilis Mejoyo, kegiatan dihadiri puluhan masyarakat umum sekitar Ubaya sebagai peserta.

“Sayuran organik yang diolah kami bebaskan kepada masyarakat,” tutur Windra. Namun, ia mengungkapkan bahwa terdapat tiga jenis sayur yang digunakan sebagai contoh pada pelatihan ini, antara lain:bayam, sawi, dan seledri. “Padahari pertama, kami berfokus pada pengenalan mengenai apa saja yang akan diberikan pada pelatihan,” ucap Windra. Dalam hal ini, para peserta juga mendapatkan modul pelatihan dan materi dari narasumber. “Dengan kedua hal tersebut, diharapkan pelatihan pengolahan sayur dapat berjalan dengan baik dan benar,” tambahnya. Pada hari kedua, resep-resep yang terdapat pada modul pelatihan dan materi yang telah diperoleh peserta diimplementasikan untuk membuat keripik dan jus sayur. “Produk jadinya dibagikan ke masyarakat untuk dicicipi,” ujar Windra.

Windra turut menyatakan harapannya untuk program pengabdian masyarakat ke depan. “Meski topik yang diangkat berbeda setiap tahunnya, saya harap dapat saling berkaitan,” ungkapnya. Hal ini dengan tujuan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dapat berkesinambungan sehingga mendorong perkembangan masyarakat. “Saya harap manfaat dan transfer teknologi melalui pengabdian masyarakat ini dapat dirasakan, terutama oleh masyarakat di sekitar Ubaya,” tutupnya.(SV1, jes/ist)