Sandiaga Uno Jadi Pembicara Studium Generale Seri 6 Ubaya samueldim December 19, 2022

Sandiaga Uno Jadi Pembicara Studium Generale Seri 6 Ubaya

Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar studium generale 2022-2023 seri enam pada Senin, 19 Desember 2022. Sandiaga Salahuddin Uno, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) hadir pada kegiatan bertema “Menakar Indonesia ke Depan: Dinamika Kebangsaan yang Bhinneka, Teknologi, dan Geopolitik Dunia” ini. Pada kesempatan yang sama ia juga melaunching buku “1500 Inspirasi: Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno di Ruang Pertemuan lantai 5, Gedung Perpustakaan, Kampus Ubaya Tenggilis Jl. Raya Kalirungkut.

Sandiaga mengajak civitas akademika Ubaya untuk merefleksikan posisi Indonesia di tahun 2045. Ia mengatakan, ekonomi Indonesia telah bergeser menjadi knowledge-based economy. “Ekonomi kreatif akan menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ungkapnya. Ia berpendapat bahwa ekonomi kreatif akan mempermudah masyarakat menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity). Oleh karena itu ia memaparkan bahwa revolusi 4.0 dan society 5.0 mengharuskan seseorang memiliki learning and innovation skills yang tidak melupakan jati diri kebangsaan yaitu sikap gotong royong. “Jadilah agen perubahan, bukan kaum rebahan. Mari kerjasama membangun Indonesia maju,” pesan Sandiaga di hadapan ratusan peserta.

Pada acara studium generale kali ini juga dilakukan launching buku karya Yuga Aden berjudul “1500 Inspirasi: Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno”. Buku ini menceritakan perjalanan Sandiaga Uno yang berkeliling Indonesia untuk mendengarkan aspirasi, keresahan, dan optimisme dari masyarakat. Ia juga diberikan buku 30 tahun dan 50 tahun Ubaya oleh Ketua Yayasan Ubaya, Anton Prijatno, S.H. dan Rektor Ubaya, Dr. Ir. Benny Lianto M.M.B.A.T. (el, sml/ist)