Ratusan Siswa SMA Kristen Petra 2 Surabaya Hadir di Virtual Tour Perpustakaan Ubaya samueldim December 2, 2022

Ratusan Siswa SMA Kristen Petra 2 Surabaya Hadir di Virtual Tour Perpustakaan Ubaya

Direktorat Perpustakaan Universitas Surabaya (Ubaya) menerima kunjungan 667 siswa-siswi kelas 11 dan 12 dari SMA Kristen Petra 2 secara daring. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 2 Desember 2022 ini bertujuan untuk mengenal Perpustakaan Ubaya serta mensosialisasikan kartu SAKTI. Walaupun kegiatan dilaksanakan secara daring selama 1,5 jam, animo dan antusiasme peserta tidak terhindarkan.

“Agenda ini merupakan tindak lanjut kerjasama SMA Kristen Petra 2 dengan Perpustakaan Ubaya,” ungkap Amirul Ulum, S.Sos., M.IP., selaku Direktur Perpustakaan Ubaya. Ia pun menerangkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan juga mengenai sosialisasi koleksi akses perpustakaan Ubaya yang cukup luas, serta kaitannya dengan program SAKTI yang digagas oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. “Pada kesempatan ini juga dijelaskan pentingnya literasi informasi untuk keperluan pembelajaran,” ungkap Amirul.

Hal ini pun sesuai dengan tujuan yang dimaksud oleh Dra. Cahyo Fajariati, M.Pd., selaku Kepala Sekolah SMA Kristen Petra 2. Ia menerangkan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah memotivasi para siswa. “Selain itu supaya bisa mengenal perpustakaan Ubaya lebih baik,” ungkap Cahyo. Ia pun berharap bahwa melalui kegiatan ini akan menguatkan kerjasama. “Dan hubungan yang baik antara SMA Kristen Petra 2 dengan Ubaya,” ungkap Cahyo.

Di akhir kesempatan, Amirul juga berharap supaya siswa dan guru memiliki sumber informasi ilmiah dan berkualitas selain yang disediakan perpustakaan sekolah. “Salah satunya adalah kerjasama dengan Perpustakaan Ubaya,” imbuhnya. Ia pun juga menerangkan bahwa pihaknya siap atas pemenuhan kebutuhan kerjasama intensif siswa ke Perpustakaan Ubaya, khususnya tentang literasi informasi. “Agar penulisan karya ilmiah terhindar dari plagiarisme,” tutup Amirul. (sml/ist)