UnnoFest 2022, Wadah Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa samueldim November 30, 2022

UnnoFest 2022, Wadah Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa

Universitas Surabaya (Ubaya) berkomitmen untuk mendukung lahirnya pengusaha muda yang siap berkontribusi terhadap Indonesia. Salah satunya melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Manajemen Inovasi – Ubaya InnovAction Hub, yakni Unnofest: Ubaya Innovaction Festival yang dilaksanakan pada 29 November ndash; 2 Desember mendatang. Dibuka pada hari Rabu, 30 November 2022, kegiatan yang dilaksanakan di sekitar plaza FBE dan Fakultas Farmasi ini diramaikan oleh ratusan tenant karya mahasiswa Ubaya, masterclass dari pengusaha, kunjungan influencers, dan sponsor ternama.

“Kegiatan ini terlaksana dari dukungan banyak pihak,” ungkap Prof. Drs.ec. Sujoko Efferin, M.Com(Hons)., M.A., Ph.D., selaku Direktur Manajemen Inovasi. Ia pun menjelaskan bahwa salah satunya adalah Entrepreneurship Advisory Board (EAB) Ubaya, dimana forum pengusaha khusus buatan Ubaya dan terdiri dari pengusaha kawakan di Indonesia. “Yang memberikan nasihat dan bimbingan coaching pada mahasiswa kita,” tambahnya.

Unnofest sendiri adalah wadah bagi inovasi dosen dan mahasiswa Ubaya yang mengambil mata kuliah kewirausahaan dan inovasi. Tidak sekadar memikirkan sales namun juga menunjukkan value product sesuai kaidah LOVE yakni: Local wisdom, Omniconnectivity, Virtue, dan Ecological harmony. Pada kesempatan ini Sujoko pun menjelaskan cerita seorang entrepreneur yang inspiratif dan sukses, namun ia juga mengingatkan bahwa hal ini tidak bisa datang secara instan. “Menjadi wirausaha bukan alat ajaib langsung jadi sultan. Bukan. Tapi mumpung masih kuliah diberi bimbingan disini,” tandasnya.

Senada dengan hal tersebut, Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., pun juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. “Tujuannya satu, ingin menunjukkan hasil karya dan kreativitas mahasiswa,” ungkap Benny. Ia pun menuturkan bahwa dari tahun ke tahun inovasi diharapkan bisa berkembang dan kreativitas semakin dikultivasikan dengan baik sebagai bentuk dorongan terhadap spirit kewirausahaan mahasiswa. “Jika program ini konsisten dengan niat yang baik, pasti akan melahirkan banyak entrepreneur muda bagi masa depan Indonesia,” tutup Benny. (sml/el)