Kuliah Umum PKKMI, Bahas Peran Kreativitas di Era Big Data samueldim November 21, 2022

Kuliah Umum PKKMI, Bahas Peran Kreativitas di Era Big Data

Universitas Surabaya (Ubaya), melalui Departemen Pengembangan Karakter Kebangsaan, Multikultur, dan Interprofesional (DPKKMI) mengadakan serangkaian acara kuliah tamu pada 21-25 November 2022. Dengan tema “Aplikasi Cloud Computing, Artificial Intelligence, dan Big Data” kegiatan dilaksanakan di Gedung Fakultas Teknobiologi Ubaya, Kampus II Ubaya Tenggilis dan membuka pintu seluas-luasnya untuk seluruh Ubayatizen. Senin, 21 November 2022, Ubaya menghadirkan Richard Changay founder Pahi.id.

Richard memulai pembahasan megnenai literasi digital yang dilaksanakan oleh pemerintah. Ia pun menerangkan bahwa langkah ini sudah tepat karena membuka pandangan terhadap kekayaan data. “Data itu sesuatu yang powerful,” ungkap Richard. Ia pun memberi contoh dari beberapa campaign yang sudah dilaksanakan oleh tim Pahi.id.

Pada kesempatan ini ia juga menjelaskan beberapa istilah dari Internet of Things, Artificial Intelligence, Cloud Computing, dan Big Data. “Istilahnya kelihatan sulit, tapi penerapannya sangat dekat dengan kita, keempatnya terkoneksi menguatkan satu sama lain,” ungkap Richard. Keempat hal ini menjadi fondasi banyak hal yang kita saksikan di kehidupan internet sehari-hari, mulai dari smartwatch, CCTV, iklan yang terindividualisasi.

Richard juga memberi tips dan trick ketika mahasiswa ingin membuat sebuah konten, terutama jika bisnis yang dibuat nanti ingin menjadi viral. “Trend itu come and go,” ungkap Richard. Sehingga ia menekankan pentingnya brainstorming dan research untuk meraih hasil yang terbaik. Baginya, industri sudah bergeser. Jaman 4.0 yang bergeser menuju 5.0 ini tidak bisa sekadar jualan saja. “Kreativitas adalah modal terbaik, anak FBE dan FIK misalnya. Kreativitas itu karunia yang harus kita pergunakan,” tutup Richard. (sml/sml)