Saat Studium Generale Ubaya, Khofifah Ingatkan Pentingnya Kebhinekaan samueldim November 18, 2022

Saat Studium Generale Ubaya, Khofifah Ingatkan Pentingnya Kebhinekaan

SURABAYAndash; Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar studium generale 2022-2023 seri empat. Dengan tema “Menakar Indonesia ke Depan: Dinamika Kebangsaan yang Bhinneka, Teknologi, dan Geopolitik Dunia”, Ubaya menghadirkan Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Acara diselenggarakan pada Jumat, 18 November 2022 di Ruang Pertemuan lantai 5, Gedung Perpustakaan, Kampus Ubaya Tenggilis Jl. Raya Kalirungkut.

Studium generale adalah kuliah tamu yang diadakan Ubaya dengan menghadirkan sejumlah tokoh nasional. “Masih dalam suasana Presidensi G20 Indonesia, Ubaya sebagai universitas kebangsaan ingin memperkuat sinergi antara dunia akademis dengan tokoh-tokoh nasional,” jelas Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., Rektor Ubaya. Ia menjelaskan bahwa studium generale diberikan supaya Ubaya melahir pemimpin nasional yang berkarakter dan memiliki integritas melalui gagasan-gagasan tokoh yang diundang, salah satunya Bu Khofifah. “Ini juga merupakan bentuk kontribusi Ubaya terhadap kepentingan bangsa di masa yang akan datang,” jelasnya.

Khofifah memaparkan pandangannya mengenai semangat kebangsaan. Baginya, semua elemen masyarakat harus saling memahami dan memunculkan rasa percaya. “Kalau sudah demikian (saling memahami dan saling memercayai), kita tidak mungkin terpecah belah,” tegasnya. Ia menambahkan, mengingatkan kembali sejarah kebhinekaan kepada masyarakat bisa dilakukan untuk meningkatkan semangat kebangsaan. Tak hanya mengisi materi studium generale, Khofifah juga memberikan santunan kepada anak yatim. Santunan ini juga diberikan oleh Rektor Ubaya beserta jajaran pimpinan lainnya kepada sepuluh anak yatim.

Benny berharap melalui studium generale seri empat ini, civitas akademika dapat menambah wawasan kebangsaan terhadap perkembangan nasional dan internasional. “Ubaya ingin mempersiapkan generasi milenial melalui seperangkat instrumen pendidikan yang berorientasi pada era digital dengan tetap memiliki integritas dan karakter kebangsaan,” pungkas Benny.

Di hari yang sama juga terselenggara acara closing ceremony LO Kreatif 2022. Lomba Nasional Kreativitas Mahasiswa (LO-KREATIF) 2022 merupakan lomba yang diadakan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) wilayah VII Jawa Timur dalam upaya meningkatkan kreativitas mahasiswa khususnya saat pandemi. Di akhir acara, Khofifah juga menyerahkan hadiah kepada pemenang pada tiap cabang lomba LO Kreatif 2022. (sml/ist)