Minitab Workshop: Bekal Pengolahan Data bagi Mahasiswa Fakultas Teknik Ubaya samueldim November 18, 2022

Minitab Workshop: Bekal Pengolahan Data bagi Mahasiswa Fakultas Teknik Ubaya

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Jumat, 18 November 2022, Kelompok Studi Mahasiswa Teknik Industri Universitas Surabaya (KSM TI Ubaya) kembali mengadakan Minitab Workshop. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan para partisipan untuk mengoperasikan Minitab dalam pengolahan data. Mini-Tabulation (Minitab) adalah aplikasi pada komputer yang berguna untuk mengolah dan menganalisis data. Christopher Hendra Setiawan, S.T., selaku Dosen Teknik Industri FT Ubaya, hadir sebagai pemateri pada MinitabWorkshop tahun ini. Setidaknya puluhan peserta dari kalangan mahasiswa Fakultas Teknik berpartisipasi dalam workshop yang dilaksanakan secara luring di Laboratorium Komputerisasi Gedung TC 1.3, Kampus II Ubaya, Tenggilis.

Workshop dimulai dengan pengenalan Minitab, sembari diikuti dengan antusias oleh partisipan melalui komputer yang telah disediakan. Lebih lanjut, Christopher menjelaskan mengenai pengolahan data yang dilakukan pada Minitab. “Teknik pengolahan data secara statistika pada Minitab ada dua, yaitu descriptive dan inferential statistical,” papar Christopher. Pada umumnya, penggunaan teknik pengolahan secara statistika tersebut dibedakan berdasarkan jenis penelitian yang dilakukan. “Teknik descriptive biasanya untuk kualitatif, sedangkan inferential untuk kuantitatif,” ujar Christopher.

Sembari dipraktekkan secara langsung oleh partisipan, Christopher mengarahkan langkah-langkah pengoperasian Minitab secara descriptive. “Teman-teman bisa memulai dengan memasukkan data yang telah dikirimkan untuk diubah bentuknya menjadi pie chart,” arah Christopher. Para partisipan aktif mengikuti arahan dan berhasil memunculkan pie chart dari data yang diberikan. “Data yang telah diolah menjadi bentuk descriptive ini tidak dapat menjawab apa-apa, karena inilah fakta senyatanya dari data yang telah didapatkan,” kata Christopher.

Menggunakan data yang sama, Christopher memaparkan cara menarik sebuah kesimpulan. “Statistika inferensia berasal dari sebuah dugaan, seperti Momogi yang dulu lebih panjang dan sekarang pendek, berarti adanya pengurangan jumlah,” papar Christopher. Membuktikan dugaan ini sesuai atau tidak, dapat dilakukan di Minitab dengan teknik statistika inferensia. Hasil yang dikeluarkan dari analisis secarainferensial membantu kita mendapatkan kesimpulan terkait kesesuaian data dengan fakta yang sebenarnya. “Misalnya, data dari berat Momogi dari tahun ke tahun, apakah benar menyusut atau tidak,” tangkas Christopher.

Workshop diakhiri dengan setiap partisipan latihan mempraktekkan pengolahan data menggunakan Minitab. Setiap partisipan menerapkan langkah-langkah yang telah dijelaskan oleh Christopher dengan baik dan seksama. Berhasil memahami materi dan mengoperasikan Minitab dengan baik, Christopher menaruh harapan pada para partisipan. “Saya berharap, pemaparan saya hari ini dapat teman-teman ingat, karena di semester atas akan sangat berguna dalam ,” tutup Christopher.(mon/fg2)