Ubaya Bekerja Sama Dengan LUNAS adakan Program Pendampingan Terstruktur samueldim November 12, 2022

Ubaya Bekerja Sama Dengan LUNAS adakan Program Pendampingan Terstruktur

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Universitas Surabaya (Ubaya) bekerja sama dengan Layanan UMKM Naik Kelas (LUNAS) menggelar Program Pendampingan Terstruktur dengan mengusung tema “Gandeng Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Naik Kelas”. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui kanal YouTube LUNAS dan aplikasi Zoom serta luring di Gedung Perpustakaan Ubaya Lantai 5. Diselenggarakannya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pembelajaran dukung UMKM naik kelas. Andrio Himawan Wahyu Aji S.H., M.H., selaku Kepala Bidang Pemasaran Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Jawa Timur dan Fianda Julyantoro selaku Digital Marketing Expert hadir sebagai pembicara pada acara ini. Berlangsung pada Sabtu, 12 November 2022, sedikitnya ratusan peserta dari kalangan Ubaya dan non Ubaya turut hadir berpartisipasi dalam acara ini.

“Jack Ma pernah memprediksi bahwa bisnis akan banyak dilakukan secaraonline dan itu terbukti pada saat pandemi,” buka Andrio. Hal ini dikarenakan aktivitas pembelian atau penjualan produk secara elektronik melalui internet dapat dilakukan oleh semua orang yang tak terbatas waktu dan ruang. Kini hampir semua media sosial menyediakan fitur social e-commerce. Melalui fitur tersebut siapapun dapat melakukan penjualan dan pembelian produk secara online, tak jarang para pelaku usaha memanfaatkan tren terkini untuk memasarkan produknya. “Para pelaku UMKM harus menyesuaikan dengan keadaan atau tren terkini agar dapat terus memenuhi kebutuhan konsumen,lanjut Andrio. Menurutnya, jika produk dan strategi pemasarannya hanya mengikuti kata hati saja, maka peminatnya tidak akan sebanyak yang mengikuti tren.

Selain itu, Andrio menyatakan bahwa sebuah produk harus memiliki sebuah ciri khas. “Pikirkanlah suatu hal berbeda dari yang lainnya agar sebuah produk memiliki ciri khas, walaupun harganya cenderung lebih mahal akan tetap dicari banyak orang,” ucapnya. Andrio juga mengatakan “Selain ciri khas, kualitas produk dan strategi pemasaran juga dapat meningkatkan harga jual.” Dengan memantapkan kualitas produk dan strategi pemasaran kita dapat memperbanyak dan memperluas target konsumen. Tak hanya itu, Andrio juga menyampaikan pesan kepada peserta. “Cintailah produk-produk dalam negeri termasuk UMKM didalamnya, jangan lupa berbagi dan berhamonisasilah dengan semesta niscaya usaha akan semakin jaya sejahtera,” tutur Andrio.

Pembahasan materi yang dibawakan oleh narasumber menarik pertanyaan dari para partisipan pada sesi tanya jawab, salah satunya Giri pelaku usaha yang berasal dari Sidoarjo. “Apakah ada sebuah tips untuk mulai memperluas usaha melalui media sosial?” tanyanya. Menjawab pertanyaan tersebut, Andrio mengatakan “Anda perlu melakukan perencanaan dengan baik dan tentukan platform media sosial yang tepat.” Lebih lanjut, Andrio juga menyatakan bahwa pelaku usaha harus mengenali target pemasaran serta memperluas jangkauan agar terus dapat memenuhi kebutuhan konsumen. (sxn,mon)