Bersepeda Sambil Membantu Perekonomian ala Onthel Ubaya samueldim November 12, 2022

Bersepeda Sambil Membantu Perekonomian ala Onthel Ubaya

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Universitas Surabaya (Ubaya) bekerja sama dengan Perseroan Terbatas (PT) Insera Sena (Polygon) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Surabaya-Search and Rescue (MAPAUS-SAR) untuk mengadakan pelatihan pada Sabtu, 12 November 2022. Mengangkat tema “Pelatihan dan Pendampingan Web App Onthel Public dan Web App Onthel Cyclist”, kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi polusi udara dengan menerapkan konsep gogreen. Andre Noto, S.T., M.Sc. dan I Gede Wibawa, S.T., M.T., selaku Dosen Fakultas Teknik Ubaya diundang sebagai pemateri pada kegiatan kali ini. Kegiatan diselenggarakan di Gedung TB I.IA dan TB I.IB dengan puluhan cyclist Onthel Ubaya sebagai peserta.

“Kegiatan yang diadakan oleh Onthel tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya,” terang Aulicia, mahasiswi Fakultas Psikologi Ubaya angkatan 2020 selaku Koordinator Acara. Pada tahun sebelumnya, Aulicia mengatakan bahwa kegiatan Onthel masih menggunakan sepeda biasa. Namun, pada tahun ini, acara Onthel dilakukan dengan sepeda listrik. “Pada tahun ini juga sudah dioptimalkan penggunaan situs web yang mirip dengan Gojek, sedangkan tahun lalu belum,” lanjutnya.

Penggunaan situs web yang mirip seperti Gojek ini, menurut Aulicia, memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. “Benefit yang didapatkan itu antara lain membantu perekonomian peserta,” jelas Aulicia. Meskipun demikian, dikarenakan sepeda yang digunakan adalah sepeda listrik, maka keterbatasan seperti jarak dan daya menjadi salah satu kekurangannya. “Daya yang dimiliki sepeda listrik adalah 350 watt, sedangkan jarak yang dapat ditempuh hanya 40 hingga 50 kilo meter (km),” tutur Aulicia.

Pada akhir pembicaraan, Aulicia menyadari bahwa promosi kegiatan Onthel masih tergolong minim, sehingga ia berharap adanya bantuan dari berbagai pihak untuk menyebarluaskan kegiatan ini. “Supaya yang lain tahu acara ini memiliki banyak benefit dan mau join,” tuturnya. Ke depannya, Aulicia juga berharap bahwa pihak Ubaya dapat menambah fasilitas sepeda listrik yang digunakan. “Hal ini dilakukan agar Onthel bisa semakin jaya ke depannya,” pungkasnya.(SV1,dhi/ist)