Pelatihan Dasar XXIII Teater US: Bekali Mahasiswa untuk Terjun ke Dunia Teater samueldim November 6, 2022

Pelatihan Dasar XXIII Teater US: Bekali Mahasiswa untuk Terjun ke Dunia Teater

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Universitas Surabaya kembali mengadakan Pelatihan Dasar XXIII pada 4 hingga 6 November 2022. Mengangkat tajuk “Bertemu Kembali”, kegiatan ini bertujuan membekali anggota baru UKM Teater US dengan berbagai materi terkait teater. Beberapa anggota lama UKM Teater US, yaitu: Fareha Fattyhana, Tifanny Gracia Runtu, Yogi Suryo Prayogo, dan Wita Astarina Sihotang hadir membawakan materi dalam kegiatan kali ini. Sedikitnya puluhan anggota baru UKM Teater US turut berpartisipasi dalam pelatihan yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Kakek Bodo, Prigen, Jawa Timur.

“Pelatihan dasar merupakan pembekalan untuk anggota baru UKM Teater US, sehingga dalam kegiatannya kami memberikan seluruh materi tentang teater,” papar Wita, mahasiswi Fakultas Farmasi angkatan 2021 selaku Ketua Panitia Pelatihan Dasar XXIII UKM Teater US. Wita turut menyampaikan bahwa pelatihan dasar merupakan kegiatan yang selalu diadakan setiap tahun. “Dua tahun terakhir diselenggarakan secara online. Namun, karena sekarang perkuliahan di Ubaya sudah kembali normal, maka kami juga menyelenggarakan semua kegiatan UKM seperti sedia kala yaitu offline,” jelasnya. Terkait pelaksanaannya, Wita menuturkan bahwa pelatihan kali ini dikemas dengan lebih fun dan bebas. “Kami menyiapkan segala hal dengan matang mengingat pelaksanaannya di alam,” tambahnya.

Adapun rangkaian acara dari pelatihan dasar kali ini yaitu beberapa materi terkait teater, seperti: olah konsentrasi, olah napas dan vokal, olah seni rupa, olah ekspresi, olah tubuh, serta penyutradaraan. “Dalam sesi materi, kami juga mengajarkan bidang teater lain seperti sastra yang berfokus pada puisi dan seni lukis,” ungkap Wita. Selain materi, terdapat pula pentas lab yang memungkinkan para anggota baru, lama, maupun alumni UKM Teater US untuk menunjukkan bakatnya masing-masing. “Pada hari terakhir, kami mengadakan pentas lab yaitu semacam panggung apresiasi seni bagi para anggota,” ujar Wita.

Melalui kegiatan ini, Wita berharap agar para anggota UKM Teater US tidak hanya menyerap berbagai ilmu teater yang telah diberikan, melainkan juga dapat memaknai segala proses yang telah dijalankan selama pelatihan dasar. “Semoga semua anggota bisa memiliki rasa kekeluargaan antar satu sama lain,” tutur Wita. Ia juga berharap para anggota bisa menganggap UKM Teater US sebagai ‘rumah’ dan tempat yang nyaman untuk berbagi serta berproses bersama. Tak lupa Wita menambahkan harapannya untuk seluruh mahasiswa Ubaya. “Saya juga berharap agar mahasiswa/i Ubaya dapat semakin menyalurkan bakatnya di bidang seni,” pungkasnya.(dhi/dhi)