Raih Runner Up 2 di Miss Supermodel Worldwide, Mahasiswi Fakultas Psikologi Ubaya Banggakan Nama Indonesia samueldim October 30, 2022

Raih Runner Up 2 di Miss Supermodel Worldwide, Mahasiswi Fakultas Psikologi Ubaya Banggakan Nama Indonesia

Universitas Surabaya (Ubaya) kembali berbangga. Nova Retalista, salah satu mahasiswi Fakultas Psikologi, Program Studi Magister Psikologi Profesi menjadi 2nd Runner Up (juara ketiga) pada ajang Miss Supermodel Worldwide 2022 yang dilaksanakan di India. Nova sukses bersaing dengan kontestan-kontestan dari 17 Negara, yakni Belarus, Bhutan, Ecuador, Ethiopia, Estonia, Finlandia, France, India, Kazakhstan, Monte Negro, Myanmar, Netherlands, Philippines, Russia, Sri Lanka, Thailand.

“Saya dapat kabar 1,5 bulan sebelum lomba,” ungkap Nova. Waktu yang singkat membuat ia harus mempersiapkan semua keperluan secara singkat, terlebih lagi mengenai kesibukan ia yang sedang menempuh pendidikan S2 di Magister Psikologi Profesi Ubaya ini.

“Persiapan dimulai dari mencari pakaian yang akan dipakai disana, seperti evening gown, cocktail dress, dan sebagainya. Selain itu saya juga belajar public speaking, latihan berbicara bahasa Inggris, dan melatih skill make up,” ungkap Nova. Keseriusannya mempersiapkan ini membuat ia menyabet penghargaan Best National Costume.

Ia pun menerangkan bahwa kendati sibuk dengan segala persiapannya, Nova juga tetap mengikuti perkuliahan. “Ini salah satu tantangan terbesar untuk dapat mempersiapkan semuanya dalam waktu singkat dan berusaha mengimbangi dengan perkuliahan yang sedang berjalan,” ungkap Nova.

Selain pembagian waktu, ia juga mengungkapkan satu tantangan terbesar yakni mental. “Karena yang akan saya hadapi tidak di kancah nasional, tapi juga internasional,” ungkap Nova. Mental juga perlu dipersiapkan supaya dirinya tetap percaya diri dihadapan juri, team, ataupun saingan dari berbagai negara dengan kemampuan yang juga sangat baik. “Karena tidak hanya membawa nama saya, namun nama Indonesia, Ubaya, dan pihak-pihak yang sudah mensupport saya,” ungkapnya.

Pada kompetisi ini, Nova juga menyabet People’s Choice Award. Ia juga mengungkapkan rasa syukurnya karena semua jerih payah dan tim sangat terbayarkan. “Sangat bangga dan terhari, terlebih lagi orang tua saya. Saya dan tim juga sangat berterima kasih terhadap pihak sponsor yang sudah membantu saya, sehingga segalanya terkendali dan lancar dari hari pertama hingga Grand Final,” ungkapnya.

Di kesempatan ini, Nova juga memberi pesan untuk seluruh Ubayatizen supaya tetap semangat dalam kesempatan-kesempatan yang sudah diberikan. “Jangan berkecil hati, tetap berusaha untuk masa depanmu dan juga sekelilingmu,” jelasnya. Nova juga mengingatkan untuk tetap berpasrah kepada Sang Pencipta dan percaya untuk setiap proses yang diberikan. “Bangun energi positif dari diri sendiri terlebih dahulu, barulah kita bisa membagikannya terhadap orang lain!” ucapnya sambil tersenyum manis. (sml/ist)