CTI TECH Talk: Bahas Seputar Technology Company samueldim October 28, 2022

CTI TECH Talk: Bahas Seputar Technology Company

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Jumat, 28 Oktober 2022 Universitas Surabaya (Ubaya) berkolaborasi dengan Computrade Technology International (CTI) Group menyelenggarakan webinar bertajuk “CTI TECH Talk: Encourage Yourself to Work in Technology”. Dilaksanakannya webinar ini bertujuan agar partisipan memperoleh gambaran terkait pengalaman bekerja di technology company. Stacey Octaviani selaku Team Leader Channel of Central Data Technology CTI hadir sebagai narasumber dalam webinar ini. Dilaksanakan secara online melalui Zoom, webinar ini diikuti puluhan partisipan dari kalangan Ubaya.

Stacey membuka diskusi dengan memaparkan karakteristik individu yang bekerja di technology company. Ia menuturkan bahwa individu yang bekerja di technology company perlu memiliki kemampuanpace kerja yang cepat dan agile. “Kemampuan pace kerja yang cepat sangat diperlukan, mengingat teknologi berkembang dengan sangat cepat,” tuturnya. Sementara kemampuan agile akan membantu individu beradaptasi dengan cepat, mempelajari, serta mengetahui bagaimana sebuah produk harus dijual. Menurutnya, kemampuan agile diperlukan karena setiap produk memiliki solusi, target pasar, dan inovasi yang berbeda-beda. “Misalnya, seminggu lagi nanti ada tren baru, kita harus berpikir bagaimana kita mengembangkan inovasi yang baru ini,” jelasnya.

Selain pace kerja yang cepat dan agile, Stacey turut menekankan pentingnya kemampuanexponential growth. “Ketika bekerja di dunia Information and Technology (IT), kita yang merupakan lulusan empat tahun yang lalu bisa saja kalah dengan orang IT yang belum lulus,” katanya. Hal ini dikarenakan teknologi memiliki perkembangan yang sangat banyak. “Bisa jadi teknologi yang lama sudah tidak terpakai atau ada cara yang lebih efektif,” ucapnya. Dengan exponential growth, individu dituntut untuk selalu mengembangkan diri selalu belajar hal baru. “Kita dituntut untuk mau mengembangkan skala diri kita dan terus meng-upgrade skill yang kita punya,” tambahnya.

Pemaparan materi banyak menarik pertanyaan dari para partisipan. Seorang partisipan menyampaikan sebuah pertanyaan, “Tantangan apa yang sering dihadapi sebagai sales di IT company?” Menjawab pertanyaan tersebut, Stacey menyatakan bahwa tantangan yang harus dihadapi yaitu keberadaan orang yang lebih cepat dan inovatif. “Jadi kompetitornya dapat berasal dari dari diri sendiri dan teman-teman di luar sana,” cakapnya. Stacey turut menyampaikan bahwa industri teknologi menuntut orang-orang di dalamnya untuk bergerak cepat sehingga mereka akan saling mengejar. “Maka dari itu, kita harus selalu mengisi diri kita dengan skill-skill baru,” tutupnya. (jv/vnd)