Bahas Perencanaan Keuangan untuk Guru dan Orang Tua Siswa samueldim October 21, 2022

Bahas Perencanaan Keuangan untuk Guru dan Orang Tua Siswa

Universitas Surabaya (Ubaya) selalu berkomitmen mensharingkan keilmuan yang dimiliki untuk kebermanfaatan. Salah satunya melalui kegiatan Seminar Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Guru dan Orang Tua Siswa SMA yang dilakukan oleh Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya.

Seminar yang dilaksanakan pada Jumat, 21 Oktober 2022 ini dilaksanakan secara luring pada Gedung Perpustakaan lt 5, Kampus Ubaya II Tenggilis. Pada kesempatan ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Dedhy Sulistiawan, S.E., M.Sc., Ak., CA., selaku Ketua Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya, dan mengundang Dr. Felizia Arni Rudiawarni, M.Ak., CFP., Cert. DA., selaku pakar pengelolaan investasi dan pasar saham, dan juga sebagai Dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya.

“Tujuan hidup punya, dan hanya bisa tercapai kalau ada dana,” ungkap Felizia mengawali materi yang ia bawakan. Dalam kesempatan ini ia menjelaskan bahwa dana adalah salah satu hal yang sentral untuk pemenuhan tujuan, sehingga ketiadaan dana akan membuat pemenuhan tujuan terhambat. “Karena itu harus ada perencanaan keuangan,” imbuhnya. Ia pun menerangkan bahwa dalam perencanaan keuangan esensi dasarnya adalah manajemen yang terintegrasi dan terencana.

Pada peserta yang hadir, ia pun juga menerangkan bahwa perlu dipersiapkan dari sekarang. Kepada mahasiswa yang hadir, ia menerangkan mengenai pentingnya diskusi studi lanjut. “Perlu dibahas. Pakai uang siapa? Dana sendiri, orang tua, atau beasiswa,” imbuhnya. Pada kesempatan ini Rohmad Guru SMAN 10 Surabaya juga berdiskusi mengenai peran menabung, “Karena membeli sesuatu dengan menabung tidak sampai-sampai,” tanyanya.

Mengenai hal ini Felizia pun mengingatkan bahwa menabung lebih rendah daripada inflasi. “Nabung tidak akan cukup, harus cari cara lain,” ungkapnya. Pada seminar ini, Felizia pun membeberkan mengenai tips dan trick mengelola keuangan secara efektif. (sml/sml)