Sustainable Development Goals dan Implementasinya pada Akuntansi samueldim October 15, 2022

Sustainable Development Goals dan Implementasinya pada Akuntansi

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Dalam rangka mendukung program Sustainable Development Goals (SDG), Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE Ubaya) mengadakan diskusi bertajuk “SDG: from Business Accountability to Spiritual Journey”. Acara ini diselenggarakan pada Jumat, 14 Oktober 2022 yang bertujuan untuk mendiskusikan keilmuan akuntansi dan peranannya terhadap isu SDG. Ratusan peserta menghadiri acara ini secara daring melalui Zoom dan luring di Ruang Serbaguna FBE, Kampus II Ubaya, Tenggilis.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Prof. Basuki, M.Com(Hons)., Ph.D., AK., CA., CMA., Asean CPA., selaku Ketua Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Timur; Dr. Susan Sutedjo, S.E., M.M., Ak., M.Ak., CA., ACPA., CPA (Aust.)., BKP., selaku Pengurus IAI Muda dan Pusat Wilayah Jawa Timur; Prof. Drs.ec. Sujoko Efferin M.Com(Hons)., M.A., Ph.D., selaku Guru Besar Jurusan Akuntansi Ubaya; serta Dr. Drs. Wiyono Pontjoharyo, Ak., M.M., CMA., CA., ACPA., CPA (Aust.)., selaku Komisaris PT Synergy Ultima Nobilus sebagai narasumber dan Sigit Kurnianto, SE., MSA., Ak., CA., SAS., AAP-B., ACPA sebagai moderator.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Putu Anom Mahadwartha, S.E., M.M., CSA., selaku Dekan FBE Ubaya. “Dalam kegiatan ini, kita belajar banyak mengenai peran SDG dalam akuntansi mengarah ke spiritualisme,” ujarnya. Menurut Anom, unsur spiritualisme tersebut akan membantu para akuntan untuk menyadari berbagai dampak, risiko, dan value pada setiap keputusan bisnis. “Hal ini akan membantu proses bisnis yang nantinya akan semakin sesuai dengan standar kelayakan,” pungkas Anom. Ia lanjut mengungkap harapannya terkait acara ini. “Kami mengadakan acara ini dengan harapan dapat memberi dampak yang lebih luas,” tuturnya. Selain itu, dengan diadakannya acara secara offline, maka jumlah audiens yang tertarik akan semakin bertambah. “Harapannya, kegiatan ini dapat mengedukasi dan menjangkau masyarakat secara lebih luas mengenai penerapan SDG,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana Diskusi SDG, Cindy Muljadi, mahasiswi Pascasarjana Akuntansi FBE Ubaya angkatan 2021, memaparkan bahwa ini adalah tahun pertama diskusi SDG diselenggarakan. “SDG sedang banyak dicari oleh banyak perusahaan, oleh karenanya kami ingin memberikan wawasan kepada masyarakat terkait hal ini,” tuturnya. Ia juga mengatakan bahwa FBE Ubaya berencana untuk menggelar kembali acara ini dengan tema yang berbeda. “Harapannya, acara ini dapat menambah wawasan masyarakat mengenai SDG, terutama implementasinya dalam akuntansi,” harap Cindy untuk kegiatan ini.(SV1, cbw)