Edufair Pascasarjana Ubaya: Pentingnya Value dalam Dunia Pekerjaan samueldim October 7, 2022

Edufair Pascasarjana Ubaya: Pentingnya Value dalam Dunia Pekerjaan

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Jumat, 7 Oktober 2022 Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan Seminar dan Edufair Pascasarjana dengan tema “Grow with Ubaya: Higher Education to Grow Your Business and Career”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempromosikan program pascasarjana Ubaya dan mengedukasi manfaat dari studi lanjutan. Soni Hary Santoso. S.T., M.T., selaku Regional Planning Manager PT. Cahaya Bintang Olympic dan Olivia Tanaya S.E., M.B.A., selaku Dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Ubaya hadir sebagai narasumber pada seminar ini. Berlangsung secara offline di Gedung Perpustakaan lantai 5, Kampus II Ubaya, Tenggilis, kegiatan ini dihadiri oleh puluhan peserta dari kalangan mahasiswa dan alumni Ubaya.

Sony memaparkan materi tentang berbagai keuntungan yang diperoleh ketika melanjutkan studi ke program pascasarjana. “Adapun keuntungan dari melanjutkan studi ke program pascasarjana, yaitu: memperluas dan memperdalam pengetahuan, menambah relasi, mengasah kemampuan riset dan analisis, meningkatkan pola pikir, menjaring koneksi yang lebih luas, serta memperluas peluang akhir,” ujar Soni. Menurutnya, pendidikan sarjana dan pascasarjana memiliki perbedaan yang cukup signifikan. “Pada program sarjana, kita lebih banyak mempelajari teori. Sedangkan pada program pascasarjana, kita lebih banyak menganalisis beragam studi kasus serta melakukan riset,” lanjutnya.

Materi dilanjutkan oleh Olivia yang menyatakan bahwa peluang lamaran pekerjaan saat ini cenderung lebih sulit. “Hal itu dikarenakan jumlah pelamar lebih banyak dibandingkan lowongan pekerjaan yang tersedia serta tuntutan dari perusahaan yang semakin tinggi,” ucap Olivia. Oleh karena itu, Olivia menyampaikan bahwa penting bagi kita untuk meningkatkan value agar bisa memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan. “Hal-hal yang perlu kita lakukan yaitu konsisten dalam meningkatkan skill baru setiap lima tahun, bijaksana dalam mengatur waktu, dan mengenali value dari klien,” paparnya.

Setelah pemaparan materi, sesi tanya jawab pun dibuka. Salah satu mahasiswi dari Jurusan Teknik Elektro Ubaya angkatan 2022, Maya, bertanya tentang, “Apa keuntungan jika mahasiswa mengikuti program fast track untuk melanjutkan studi ke pascasarjana?” Menjawab hal tersebut, Soni memberikan tanggapan bahwa program fast track sangat bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya setelah lulus dari program pascasarjana atau magister. “Banyak perusahaan yang akan melirik fresh graduate dan biasanya hal itu dilihat dari kompetensi serta value dalam diri calon karyawan,” jawab Soni.(RE2,dhi)