Berkunjung ke Farmasi Ubaya, Kepsek: Ubaya dan SMK ISFI Punya History samueldim October 3, 2022

Berkunjung ke Farmasi Ubaya, Kepsek: Ubaya dan SMK ISFI Punya History

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Senin, 3 Oktober 2022 SMK ISFI Banjarmasin melakukan visitasi ke Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya). Kegiatan ini dilaksanakan agar para siswa/i SMK ISFI Banjarmasin dapat meninjau langsung proses pembelajaran bidang farmasi di tingkat perguruan tinggi. Adapun rangkaian acara dari kegiatan kali ini, yaitu: presentasi Fakultas Farmasi Ubaya, kuliah “Teknologi Sediaan Padat Pembuatan Tablet”, serta kunjungan ke beberapa fasilitas di Ubaya seperti laboratorium. Dilaksanakan secara luring di Ruang BA Lt.6 Ubaya, kegiatan ini dihadiri oleh sedikitnya ratusan siswa/i dari SMK ISFI Banjarmasin.

Dr. Farida Suhud, M.Si., Apt., selaku Dekan Fakultas Farmasi Ubaya menyambut hangat kontingen SMK ISFI Banjarmasin yang datang dari luar pulau. “Terima kasih karena sudah hadir dan memilih Ubaya sebagai satu dari sekian banyak perguruan tinggi di Jawa Timur yang hendak dikunjungi,” buka Farida. Tak lupa ia membagikan beberapa pencapaian Fakultas Farmasi Ubaya, seperti: akreditasi unggul untuk Program Studi Sarjana, Magister, dan Profesi Apoteker; sertifikasi dari Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA) di Asia Tenggara; serta akreditasi global dari Accreditation Council for Pharmacy Education.

“Semuanya berkat kerja sama seluruh civitas akademika termasuk alumni yang berperan dalam mengembangkan serta mempertahankan kualitas fakultas,” ujar Farida. Ia turut berharap kegiatan kali ini dapat mendatangkan manfaat bagi siswa/i SMK ISFI Banjarmasin. “Semoga kegiatan ini bisa membawa pandangan baru, sehingga nantinya siswa/i bisa mempunyai keinginan untuk melanjutkan studi di sini,” tuturnya.

apt. H. M. Noor Ipansyah, S.Si., selaku Kepala Sekolah SMK ISFI Banjarmasin yang juga merupakan alumni Fakultas Farmasi Ubaya turut hadir memberikan sambutannya. Ipansyah sedikit menceritakan tentang sejarah Ubaya dan SMK ISFI Banjarmasin. “Sebetulnya salah satu pendiri SMK ISFI Banjarmasin merupakan mantan dekan Fakultas Farmasi Ubaya yaitu Pak H. Makmur,” ceritanya.

Oleh karena itu, menurut Ipansyah, Fakultas Farmasi Ubaya dan SMK ISFI Banjarmasin tidak akan bisa berjauhan karena mempunyai sejarahnya sendiri. Tak lupa ia menyampaikan harapannya terkait kegiatan kunjungan kali ini. “Semoga dengan kunjungan ini, siswa/i bisa mendapatkan wawasan baru dan nantinya bisa memilih yang terbaik untuk masa depan,” harapnya.

Rupanya, kunjungan kali ini menarik perhatian para siswa. Salah satu siswi SMK ISFI Banjarmasin kelas 12 Farmasi, Ani Ramadhani, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya. “Kegiatan kali ini sangat bermanfaat karena dapat menunjukkan arah saya ke depannya dalam menentukan masa depan di bidang farmasi,” ungkapnya. Selain itu, Ani turut menyampaikan bahwa fasilitas maupun lingkungan di Ubaya sudah mampu mendukung proses pembelajaran. “Melalui kegiatan ini, harapannya wawasan siswa/i bisa semakin bertambah, khususnya di bidang farmasi,” tutup Ani.(dhi)