Partisipasi Mahasiswa Ubaya dalam Gerakan Nasional Laut Bersih 2022 hayuning September 7, 2022

Partisipasi Mahasiswa Ubaya dalam Gerakan Nasional Laut Bersih 2022

Universitas Surabaya (Ubaya) selalu mendukung mahasiswanya, terkhusus para aktivis Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk berkontribusi pada masyarakat sekitar. Tepatnya Rabu, 7 September 2022, UKM Satuan Resimen Mahasiswa 815 (Satmenwa-815), serta UKM Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Surabaya (MAPAUS) berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022. Kegiatan ini berlokasi di Pantai Taman Suroboyo Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memperingati HUT TNI Angkatan Laut yang ke-77.

Leonardo Novianjaya, Mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2019, selaku Komandan Satmenwa-815 mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia. “Turut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lautan yang ada di Indonesia itu sendiri,” jelasnya. Menurutnya, sebagai mahasiswa juga harus menyadari kendati sampah itu terlihat kecil tetapi jikalau kita membunag sembarangan akan menjadi masalah yang besar.

“Karena sangat memengaruhi ekosistem yang ada di luar sehingga bisa berdampak pada kesehatan seluruh Warga Negara Indonesia, dan juga seluruh generasi penerus bangsa,” jelasnya. Leonardo juga mengingatkan kepada seluruh mahasiswa untuk senantiasa aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan. “Kita harus meluangkan waktu agar kita lebih mengetahui dan lebih sadar atas semua hal yang kita lakukanhellip;serta belajar agar lebih disiplin dalam membuang sampah pada tempatnya dan aware terhadap lingkungan sekitar,” ajaknya.

Junanik Idayani, S.E., M.M., selaku pembina UKM Mapaus SAR pun juga mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh tim Mapaus untuk melatih soft-skills anggotanya. “Termasuk rasa empati terhadap lingkungan dan kepedulian pada masyarakat di sekitar pantai,” ungkap Junanik. Ia juga menegaskan bahwa ini adalah bentuk pendidikan karakter yang dibangun. Lebih jauh lagi, Junanik berharap supaya kegiatan-kegiatan sejenis selalu dapat rutin dilaksanakan ataupun diikuti. “Bersama dengan seluruh civitas akademika Ubaya,” tutup Junanik. (sml)