Ubaya Insight Series, Ajak Millenial Melek Finansial hayuning September 6, 2022

Ubaya Insight Series, Ajak Millenial Melek Finansial

Universitas Surabaya (Ubaya) terus berkomitmen untuk membina mahasiswa tidak hanya dalam lingkup ruang kelas saja, melainkan hingga di luar kelas. Oleh karena itu, Direktorat Pengembangan Kemahasiswaan (DPK) Ubaya mengadakan kembali Ubaya Insight Series yang terbuka untuk para mahasiswa, freshgraduate, serta alumni pada Kamis, 6 September 2022. Kegiatan yang dilaksanakan secara offline di Perpustakaan lt 5 Ubaya ini mengambil tema “Millenial Melek Finansial” dan mengundang Kayleen S.Ak., CFP, seorang Certified Financial Planner.

Kayleen, yang adalah alumnus Professional Accounting, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya mengajak ratusan peserta yang hadir untuk mendefinisikan lagi hal-hal yang perlu dilakukan supaya menjadi kaya. “Kalau dulu menabung pangkal kaya, apakah sekarang masih relevan?” tanya Kayleen. Pada kesempatan ini ia menjelaskan bahwa menabung saja tidak cukup, sebab ada inflasi. “Istilahnya time value of money. Duit yang ada di dompet hari ini belum tentu sama nilainya di hari esok,” ungkapnya. Sehingga, ia mengajak peserta yang hadir untuk bekerja, menabung, dan berinvestasi.

Menurutnya, setiap orang wajib berinvestasi. Sehingga penting untuk menjadi orang yang melek finansial. “Per juli 2022, ada 9,3 juta investor. Naik 3,7 kali lipat dibanding sebelum pandemi,” ungkapnya. Oleh karena itu ia juga mengingatkan bahayanya investasi bodong. Ia memberikan tips 2L, Legal dan Logis. Secara Legal, perusahaan harus punya dasar hukum dan berada dalam pengawasan lembaga terpercaya. Secara Logis, dilihat dari tawarannya. “Yang ditawarkan harus masuk akal,” jelasnya serius. Hal ini diberikan supaya hasil kerja keras teman-teman yang bekerja tidak lagi terbuang sia-sia di skema investasi bodong yang sempat marak.

Calvin Hadinata, S.E., selaku Manajer Pendampingan Karir dan Hubungan Alumni dari Direktorat Pengembangan Kemahasiswaan pun juga menegaskan bahwa Insight Series ini diberikan supaya mahasiswa yang mau lulus juga bisa. “Tidak hanya digembleng belajar saja, namun juga supaya lebih punya gambaran apa yang ingin dilakukan ketika lulus,” ungkap Calvin. Ia pun juga mengajak peserta yang hadir untuk meramaikan kegiatan Career Fair 15-16 September 2022 mendatang. (sml)