Kunjungan Warta Ubaya ke SMA Little Sun School hayuning August 24, 2022

Kunjungan Warta Ubaya ke SMA Little Sun School

Universitas Surabaya (Ubaya) mendukung mahasiswa untuk tetap berkontribusi terhadap masyarakat sekitar dan membantu mengembangkan soft-skills yang mereka miliki. Salah satunya Warta Ubaya, yang pada tanggal 24 Agustus 2022 dipercaya oleh Sekolah Menengah Atas (SMA) Little Sun School Surabaya untuk mengisi pelatihan jurnalistik pada sedikitnya puluhan siswa peminat jurnalistik di SMA tersebut. Tim Warta Ubaya yang berisikan dari Redaktur, Reporter, dan Fotografer ini berdiskusi secara asik mengenai pengalaman serta tips and trik mengenai jurnalistik.

‘Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada Warta Ubaya untuk hadir dan memberikan sharing di sini,’ papar Jesslyn Elaine Saputra, mahasiswi Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika angkatan 2020 sekaligus Redaktur Pelaksana Warta Ubaya dalam sambutannya. Setelahnya, Jesslyn menjelaskan bahwa Warta Ubaya merupakan wadah bagi civitas akademis Ubaya yang dinaungi oleh Direktorat Marketing and Public Relation (MPR) Ubaya yang bergerak di bidang jurnalistik. Tak lupa Jesslyn menjabarkan kelima divisi yang terdapat dalam Warta Ubaya beserta tugas-tugasnya, yaitu Reporter, Fotografer, Desain-layouter, Surveyor, dan Marketer. ‘Harapannya, teman- teman bisa mendapatkan gambaran mengenai jurnalistik dan tertarik masuk ke Ubaya serta bergabung di Warta ubaya bersama kami,’ lanjut Jesslyn.

Pemaparan Jesslyn berhasil menarik perhatian para siswa/i. Salah satu siswi menanyakan terkait, “Apakah untuk masuk divisi Fotografer harus berasal dari jurusan terkait?” Menanggapi pertanyaan tersebut, Jesslyn menjawab bahwa hal tersebut tidak menjadi suatu keharusan. “Contohnya mahasiswa FBE, itu bisa masuk divisi Fotografer. Jadi, dari jurusan apapun itu bisa masuk divisi Fotografer,” ujar Jesslyn.

Sutianto Lizal selaku Pembina Jurnalistik SMA Little Sun School Surabaya menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari pengenalan ragam profesi. “Jadi, siswa-siswi mengikuti para profesional selama empat hari,” tutur Lizal. Lizal mengatakan bahwa sebelumnya SMA Little Sun School sudah pernah berkolaborasi dengan dokter untuk mendukung cita-cita para siswa yang ingin menjadi dokter melalui program magang. “Saat ini, kami spesifikkan untuk teman-teman jurnalistik membagikan tantangan dan peluangnya selama menjadi jurnalis,” tutup Lizal.(dhi, sml)