Sidang Terbuka Doktor Psikologi Ubaya, Kupas Tuntas Kecemasan dalam Public Speaking samueldim August 19, 2022

Sidang Terbuka Doktor Psikologi Ubaya, Kupas Tuntas Kecemasan dalam Public Speaking

Program Studi Doktor Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) senantiasa menghasilkan lulusan terbaik yang siap terjun di masyarakat. Tepatnya Jumat, 19 Agustus 2022, Program Studi Doktor Psikologi mengadakan Sidang Ujian Terbuka, untuk promovendus Sdri. Bawinda S. Lestari, S.H., M.Psi. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi, Kampus II Ubaya Tenggilis ini dihadiri sedikitnya puluhan rekan, kolega, serta keluarga dari promovendus. Bawinda dipromotori oleh Guru Besar Ubaya, Prof. Ir. Joniarto Parung, M.M.B.A.T., Ph.D., sebagai Promotor dan Dr. Frikson C. Sinambela, S.Psi., M.T., Psikolog sebagai Ko-Promotor. Sidang ujian terbuka dipimpin oleh Dr. Evy Tjahjono, S.Psi., M.G.E., Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi Ubaya.

Bawinda, selaku Praktisi Public Speaking serta salah seorang tokoh organisasi public speaking di Jawa Timur pun membawakan disertasi dengan tema public speaking. Disertasi yang berjudul lengkap “Model Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa: Pengaruh Efikasi Diri, Persepsi Kompetensi Komunikasi, dan Respon Audiens melalui Berpikir Positif sebagai Mediator” ini dibawakan di depan 8 dosen penguji serta puluhan hadirin.

Bawinda memilih topik ini karena ada keprihatinan khusus terhadap tingginya angka kecemasan seseorang ketika melakukan public speaking. “Padahal public speaking memiliki banyak manfaat positif, namun sayangnya kenyataannya banyak yang menghindar dan tidak berani,” jelasnya.

Bawinda pun mepaparkan temuannya terkait public speaking, berupa model kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Melalui disertasi ini, Bawinda pun menuturkan bahwa kecemasan dalam public speaking lebih dipengaruhi oleh faktor internalmdash;bukan eksternal seperti audiens, dsbnya. “Sehingga perlu adanya pendekatan menjadikan public speaking menjadi sebuah kompetensi dasar, dan perlu banyak berlatih secara mandiri ataupun kelompok,” jelasnya.

Pada kesempatan sesi diskusi dan tanya jawab Prof. Joni selaku promotor pun terlebih dahulu mengucapkan selamat kepada Bawinda. “Selamat karena sudah berhasil sampai akhir perjalanan panjang hutan penelitian,” tutur Prof. Joni. Ia pun meneruskan dengan pertanyaan, terkhususnya mengenai kesan / temuan yang ditemukan. Bawinda pun merespon bahwa kecemasan juga memiliki dampak positif.

“Seseorang yang mengalami kecemasan malah bisa termotivasihellip;dia akan punya motivasi untuk meningkatkan diri,” terang Bawinda. Lebih lanjut lagi ia pun memberi tips supaya mengurangi kecemasan, penting untuk menyiapkan mental, menguasai materi, serta mengolah vokal dan memperhatikan penampilan. Fakultas Psikologi Ubaya juga berharap supaya sdri. Bawinda tetap konsisten berkontribusi di bidang keahiannya, serta memberi dampak kepada masyarakat melalui bidang yang ia raih. Di akhir acara, Sdri. Bawinda dinyatakan lulus ujian terbuka. Selamat sdri. Bawinda! (sml)

Jika anda juga ingin memberi kontribusi lebih kepada masyarakat melalui bidang keilmuan Psikologi di tingkat Doktoral, dengan senang hati kami akan menunggu anda. Informasi selengkapnya di: programs3psikologi@unit.ubaya.ac.id, atau hubungi 0812 500 1005 (WA only, no call).