Pra-MOB Ubaya 2022: Awali Langkah Mahasiswa Baru dalam Dunia Perkuliahan hayuning August 17, 2022

Pra-MOB Ubaya 2022: Awali Langkah Mahasiswa Baru dalam Dunia Perkuliahan

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan Pra Masa Orientasi Bersama (MOB) pada Rabu, 17 Agustus 2022 sebagai awal dari rangkaian acara MOB yang akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan. Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, kegiatan diawali dengan upacara yang diadakan di Lapangan Parkir depan Gedung Perpustakaan, Kampus Ubaya Tenggilis. Setelah rangkaian kegiatan upacara Kemerdekaan, dilanjutkan dengan rangkaian upacara pembukaan Pra-MOB.

Dengan judul Anagata yang berarti masa depan, Pra-MOB ditujukan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam dunia perkuliahan. Dilaksanakan secara luring, upacara ini diikuti oleh 1.722 peserta dari ke-8 fakultas. Dalam sambutannya, Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., selaku Rektor Ubaya menyampaikan bahwa dunia perkuliahan tentunya berbeda dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Sehingga, kebiasaan-kebiasaan yang masih dilakukan saat SMA sudah saatnya diubah. “Di lingkungan kampus, hal utama yang dibutuhkan adalah kemandirian,” terangnya. Tak hanya itu, beliau juga mengungkapkan harapannya kepada para mahasiswa. “Melalui terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa mampu beradaptasi dengan lingkungan kampus dan bekerja sama dengan teman antarfakultas,” ucapnya.

Selain itu, Viviany, S.Ds. selaku Ketua Panitia MOB Ubaya 2022 juga menyampaikan laporannya kepada seluruh peserta yang hadir. Ia mengungkapkan bahwa MOB tahun ini sesuai dengan tema G20 ‘Recover Together, Recover Stronger, Leave No One Behind’. “Tema tersebut telah diselaraskan dengan semangat berjuang untuk masa depan yang cerah,” paparnya. Ditemui terpisah, Viviany pun menerangkan bahwa pihak Panitia MOB Ubaya 2022 benar-benar semangat menerima mahasiswa baru dengan persiapan intensif selama satu tahun terakhir. Pasalnya, kegiatan MOB ini adalah kegiatan offline pertama yang melibatkan mahasiswa baru dalam jumlah besar.

Foto: Salah satu bagian atraksi Reog Ponorogo dalam upacara Pra-MOB

Afandinata sebagai mahasiswa baru Fakultas Psikologi Ubaya mengatakan bahwa meski merasa lelah, kegiatan ini juga seru dan menyenangkan. “Semoga saya dapat lebih membaur dengan teman-teman dari fakultas lain,” ujarnya. Afandinata pun juga berharap bahwa melalui MOB Ubaya 2022 ia dapat membangun networking yang berguna untuk kedepan. Antusiasme ini juga dirasakan oleh Serafin Jenifer, salah satu mahasiswa pendamping. “Walaupun persiapannya cukup melelahkan, kegiatan ini sangat exciting bagi saya,” pungkasnya. Dalam upacara MOB ini juga diwarnai simbolis penandatanganan pakta mahasiswa baru, performance Reog Ponorogo, serta simbolisasi pohon angkatan. (jes)