Kolaborasi Ubaya-Karier.mu, Lakukan Asesmen Siap Kerja hayuning August 15, 2022

Kolaborasi Ubaya-Karier.mu, Lakukan Asesmen Siap Kerja

Senin, 15 Agustus 2022 Universitas Surabaya (Ubaya) berkolaborasi dengan Karier.mu mengadakan acara Asesmen Siap Kerja. Acara dilaksanakan guna membantu peserta untuk mampu melihat potensi kesuksesan sebelum memasuki dunia kerja. Meskipun dalam keadaan pandemi, Ubaya tetap berkomitmen melaksanakan kegiatan tersebut dengan melakukan beberapa penyesuaian tanpa mengurangi manfaat yang didapat. Acara pun dilaksanakan menggunakan Zoom dan dihadiri sedikitnya ratusan peserta.

“Acara ini ibaratnya pendampingan untuk mengerjakan asesmen atau psikotes yang ada di Karier.mu,” ujar Jefrie Nandy Satria selaku Business Development Specialist di Karier.mu. Jadi para peserta akan diberi asesmen yang sudah meliputi lima aspek yaknibasic cognitive, high order thinking skills, manage self, manage task, dan manage relationships with others. “Kita merasa bahwa sebagai mahasiswa yang akan masuk ke dalam dunia pekerjaan itu perlu memahami tentang potensi dirinya,” jelasnya. Namun, fakta di lapangan kebanyakan malah ditemui mahasiswa yang kurang memahami dirinya seperti apa yang dipunya, perlu dikembangkan, dan ditonjolkan. “Jadi kami coba untuk melakukan asesmen supaya mahasiswa tersebut memiliki wadah guna mengetahui potensi apa sih yang mereka miliki lalu hal-hal apa yang perlu mereka kembangkan,” lanjutnya. Dengan begitu, mahasiswa tersebut bisa unggul ketika disandingkan denganfresh graduate lainnya serta mampu mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Guna mencapai tujuan yang diinginkan, Jefrie menekankan pentingnya mempersiapkan rencana karir terlebih dahulu. “Mempersiapkan karir itu bukan saat teman-teman selesai wisuda, itu adalah suatu hal yang sangat salah. Sebenarnya semua itu perlu dipersiapkan sebelum mencapai pintu keluar kampus,” jelasnya. Hal ini bisa dilakukan dengan mulai mengenal tentang dunia karir pada semester lima dan enam. Dilanjutkan dengan mengikuti berbagai macam program pelatihan seperti konsultasi di semester tujuh dan delapan. “Jadi teman-teman sudah mempunyai basis yang bagus ketika disandingkan dengan lulusan lain dan dapat dijadikan bahan pertimbangan saat melamar pekerjaan,” tuturnya. Jefrie mengingatkan agar mahasiswa tidak takut bertanya agar mendapatkan sharing pengalaman serta makin terasa progresnya setelah acara. Lalu Jefrie juga menegaskan agar para mahasiswa lebih menyediakan waktu guna mempersiapkan karir melalui webinar, program, atau organisasi yang ada di kampus.

Membahas kampus lebih dalam, Jefrie menuturkan bahwa Ubaya merupakan kampus prioritas Karier.mu. “Ketika saya mengurus tentang acara ini kebetulan Ubaya salah satu career development center yang responnya cepat diiringi dengan komunikasi yang enak,” ujarnya. Tidak hanya itu, nama Ubaya sebagai kampus yang bagus turut menjadi perhatian dari pihak Karir.mu. “Beberapa kali kita dengar tentang Ubaya sebagai kampus yang bagus, diperhatikan, dan disegani di Surabaya. Jadi kita coba dan menjadi nilai plus untuk kolaborasi dengan Ubaya,” jelasnya. Akhir kata, dengan diberlakukannya acara ini Jefrie berharap agar para peserta bisa mendapatkan manfaat dan Karir.mu turut berkontribusi dalam memberikan manfaat tersebut. “Lalu melalui acara ini dari Karir.mu dan juga Ubaya bisa mempunyai hubungan yang makin erat dan dapat berkolaborasi lagi ke depannya,” tutupnya.(et)