Pertahankan Publikasi, PPI Ubaya Terus Adakan Pelatihan hayuning August 12, 2022

Pertahankan Publikasi, PPI Ubaya Terus Adakan Pelatihan

Universitas Surabaya (Ubaya) terus berkomitmen pertahankan kualitas luaran publikasi yang dimilikinya. Hal ini terbukti dari kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Direktorat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah pada tanggal 12 Agustus 2022, yakni “Klinik Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional Bereputasi – Semiloka Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi”. Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara yang ahli pada bidangnya, yakni Dr.Eng Asep Bayu Dani Nandiyanto, S.T., M.Eng., serta Rina Maryanti, S.Pd., M.Pd. Keduanya merupakan pengajar dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Dalam sambutannya, Prof. Suyanto, S.E., M.Ec.Dev., Ph.D., selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Ubaya pun mengucapkan bahwa kegiatan ini penting dalam meningkatkan pencapaian Ubaya. “PTS Tertinggi nomor satu di Jatim, semoga bisa lebih baik no 1 nasional,” terangnya. Ia pun berharap bahwa narasumber yang hadir dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi Ubaya. “Ini fasilitas bagi bapak/ibu dosen yang bersemangat, ayo. Tapi tetap harus ada target,” imbuh Suyanto.

Acara yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna lt 2 Ubaya Guest House Tenggilis ini diikuti sedikitnya oleh puluhan dosen di lingkup Ubaya. Dosen-dosen yang mengikuti pun memiliki pengalaman yang beragam, ada dosen baru yang belum pernah menulis publikasi, serta Guru Besar yang telah memiliki sejumlah pengalaman publikasi.

Narasumber pertama, Dr.Eng Asep Bayu Dani Nandiyanto, S.T., M.Eng., adalah seorang Dosen Departemen Kimia dari Universitas Pendidikan Indonesia yang pernah dinobatkan sebagai ilmuwan berpengaruh. Hingga saat ini, ia telah menghasilkan 300 artikel jurnal yang terindeks Scopus, sitasi sebanyak 4253 kali. Pada materinya yang berjudul ‘Strategi Agar Penulisan Artikel dan Tembus Publikasi Internasional’, ia mengawali dengan satu kunci supaya terpublikasi. “Harus sabar,” jawab penulis yang memiliki h-index 31 ini dengan tajam, lugas, dan jelas. Ia pun menerangkan berbagai pengalamannya bertemu dengan berbagai jurnal yang berbeda dari beberapa penelitian berbeda.

Narasumber kedua, Rina Maryanti, S.Pd., M.Pd., juga menjelaskan mengenai “Strategi Memilih Jurnal Internasional Bereputasi”. Ia telah menerbitkan puluhan artikel di google scholar, dengan 28 artikel yang telah terindeks scopus. Pada kesempatan ini Rina juga menerangkan bahwa salah satu elemen penting adalah mengecek jurnal tersebut adalah jurnal predator atau tidak. “Cek di Scimago Journal Research nya terlebih dahulu,” terang Rina. Lebih jauh lagi Rina juga mengenalkan Beall’s List, serta cara melihat reputasi jurnal berdasarkan artikel yang pernah diterbitkan. Namun, Rina menekankan salah satu cara paling ampuh adalah melihat afiliasi. “Jurnal yang aman itu biasanya berbasis Universitas,” jelas Rina. (sml)