Mahasiswa FH Raih Medali, UBAYA dan Kampus PTN Kolaborasi Tuan Rumah ASEAN University Games 2024 di Jatim hayuning August 9, 2022

Mahasiswa FH Raih Medali, UBAYA dan Kampus PTN Kolaborasi Tuan Rumah ASEAN University Games 2024 di Jatim

UBON RATCHATHANI-KEMPALAN: Kesempatan meraih eksposur pengalaman internasional di manca negara tidak hanya didapatkan mahasiswa Universitas Surabaya (UBAYA) melalui ranah akademik, tetapi juga melalui jalur prestasi olahraga. Seraf Naro Siregar yang saat ini tengah menempuh studi di Fakultas Hukum (FH) Universitas Surabaya (UBAYA) meraih 1 medali perak dan 2 perunggu bagi kontingen Indonesia di ajang ASEAN University Games ke-20 (AUG 2022) pada cabang olahraga (cabor) wushu, Sabtu (6/8/2022).
Adalah Wakil Rektor III UBAYA Dr. RR Christina Avanti, M.Si., Apt. menyampaikan kabar gembira ini kepada Kempalan.com langsung dari venue pertandingan AUG 2022 di Ubon Ratchathani, Thailand, melalui percakapan telepon dan pesan singkat whatsapp, Sabtu sore WIB (6/8/2022).
“Kita sangat mengapresiasi karena kemarin Seraf Naro Siregar meraih dua perunggu dan hari ini, yang merupakan pertandingan terakhir wushu, dilanjutkan dengan pencapaian satu medali perak oleh Seraf. Prestasi negara kita bagus lhohellip;Indonesia hanya mengirimkan 99 atlet, tetapi berada pada urutan ke-3 perolehan medali. Sebagai perbandingan Malaysia punya 300 atlet di event AUG 2022. Adapun peringkat satu diraih Thailand, kemudian Malaysia di urutan kedua, dan Indonesia peringkat ketiga dengan selisih medali yang tipis,” ujar dia.
Hingga tulisan ini diturunkan, Sabtu sore WIB (6/8/2022), Indonesia meraih 43 emas, 38 perak, dan 38 perunggu. “Ada tambahan 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu dibandingkan sehari sebelumnya,” papar Christina.
Christina memaparkan, kegiatan menyaksikan perjuangan Seraf pada cabor wushu tersebut juga ditemani oleh Deputi Chief of Mission alias Wakil Dubes Indonesia untuk Thailand Sukmo Yuwono dan Atase Dikbud Indonesia untuk Thailand Achmad Wicaksono, Ph.D.
Lebih lanjut, akademisi senior Fakultas Farmasi UBAYA ini menjelaskan, dirinya hadir di AUG 2022 bersama tiga Wakil Rektor III dari kampus perguruan tinggi negeri (PTN) lain atas undangan langsung dari Presiden ASEAN University Sports Council (AUSC) Assoc Prof Dr Mohd Rushdan Mohd Jailani. AUSC sendiri bermarkas di Putra Jaya, Malaysia sebagai sebuah organisasi yang didirikan pada 1980 untuk memberi kesempatan kepada para atlet mahasiswa untuk berkompetisi pada ajang pertandingan di level Asia Tenggara.
Selain Christina, ketiga Wakil Rektor III PTN lainnya tersebut adalah Dr. Mu’arifin, M. Pd. dari Universitas Negeri Malang (UM), Dr. Agus Hariyanto, M. Kes. dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Prof. Dr. drg Arsunan Arsin, M. Kes. dari Universitas Hasanudin (Unhas).
Asal tahu saja, event ASEAN University Games ke-20 di Ubon Ratchathani, Thailand yang berlangsung mulai 26 Juli hingga 6 Agustus 2022 dihelat bersama oleh AUSC, University Sports Board of Thailand (USBT), dan Ubon Ratchathani Rajabhat University (UBRU). Tidak hanya menghadiri penutupan event sport internasional AUG 2022, Christina bersama dengan Wakil Rektor III dari UM, Unhas, dan Unesa menerima penyerahan bendera (flag hand over) AUG sebagai simbol estafet untuk pelaksanaan event AUG ke-21 tahun 2024 yang akan berlangsung di Jawa Timur, Indonesia.
“Bersama sejumlah kampus PTN lain, UBAYA akan menjadi tuan rumah sejumlah cabang olahraga di ASEAN University Games ke-21 tahun 2024. Kami juga berencana untuk meminta dukungan, terutama dari sisi infrastruktur venue pertandingan, dari Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa agar persiapan hingga penyelenggaran event olahraga internasional AUG 2024 mendatang bisa sukses. See you in Surabaya and Malang, East Java Province, Indonesia,” pungkas Christina. (*)
Sumber: kempalan.com