Discover Your Golden Future With Astra: Peroleh Informasi Seputar Dunia Pekerjaan samueldim August 1, 2022

Discover Your Golden Future With Astra: Peroleh Informasi Seputar Dunia Pekerjaan

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Jumat, 29 Juli 2022 Universitas Surabaya (Ubaya) berkolaborasi dengan PT Astra International Tbk menggelar sebuah webinar bertajuk “Discover Your Golden Future With Astra”. Dilaksanakannya webinar ini bertujuan agar partisipan dapat memperoleh gambaran terkait dunia pekerjaan. Imanuel Arnold Sudjati selaku Regional Office Head at AstraWorld hadir sebagai pembicara dalam webinar ini. Diselenggarakan secara online melalui Google Meet, webinar ini dihadiri oleh puluhan partisipan dari kalangan Ubaya.

Discover Your Golden Future With Astra merupakan salah satu rangkaian acara dalam program Gerakan Astra Mengajar,” ucap Imanuel mengawali webinar. Ia menambahkan bahwa pelaksanaan program Gerakan Astra Mengajar didasari oleh perayaan ulang tahun Astra yang ke-65 tahun. “Pada tahun ini, kita berfokus pada beberapa pilar, salah satunya pendidikan,” tuturnya. Hal tersebut dikarenakan manajemen Astra menyadari peran generasi muda sebagai penerus bangsa. “Maka dari itu, perlu lebih banyak interaksi serta memberi pembekalan agar generasi muda mendapatkan gambaran seperti apa dunia pekerjaan nanti,” katanya.

Beralih pada penyampaian materi, Imanuel membahas terkait pentingnya etos kerja dalam dunia karier. Ia menyatakan bahwa etos kerja merupakan keyakinan dalam melakukan suatu hal dengan tekad untuk bekerja keras dan memberikan yang terbaik. “Etos kerja penting untuk dimiliki karena hal tersebut akan mencerminkan kualitas diri individu,” ucapnya. Imanuel juga menambahkan bahwa individu dengan etos kerja biasanya lebih dihargai dalam pekerjaannya karena dianggap lebih bertanggung jawab. “Selain itu, dedikasi dan tekad terhadap pekerjaan membuat individu mendapatkan nilai plus dibanding yang lainnya,” jelasnya.

Pembahasan materi banyak menarik pertanyaan dari para partisipan. Seorang partisipan menyampaikan sebuah pertanyaan, “Misalnya saya merupakan leader pada suatu perusahaan, kemudian tim saya berhasil mencapai target yang ditentukan. Apa imbalan atau keuntungan yang seharusnya saya berikan kepada tim saya agar mereka menjadi lebih semangat?” Menjawab pertanyaan tersebut, Imanuel menyatakan bahwa hal paling dasar yang dapat dilakukan yaitu mengucapkan terima kasih dengan tulus. “Menurut saya dapat dimulai dari simple thanks, berterima kasih atas kontribusi tim yang telah dilakukan. Dengan begitu, mereka akan merasa dihargai,” tutupnya. (jv)