SMART Bankers Program: Berproses Menjadi Profesional Banker samueldim July 30, 2022

SMART Bankers Program: Berproses Menjadi Profesional Banker

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Jumat, 22 Juli 2022 Universitas Surabaya (Ubaya) bekerja sama dengan Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) dalam menggelar sebuah acara bertajuk “The SMART Way to Grow as Professional Banker”. Tujuan diselenggarakannya acara ini yaitu mendorong lulusan Ubaya untuk mengikuti program akselerasi yang diadakan oleh Bank BTPN. Diselenggarakan melalui Zoom, acara ini berhasil menarik puluhan partisipan dari kalangan Ubaya.

Martin Andreanus selaku BTPN Acceleration Program Lead membuka diskusi dengan membahas program akselerasi yang diadakan oleh Bank BTPN. Ia menuturkan bawa program akselerasi merupakan istilah yang digunakan oleh Bank BTPN untuk menyebut program Management Trainee (MT). “Bank BTPN sendiri menyediakan lima jenis program akselerasi,” ungkapnya. Program akselerasi tersebut terdiri atas Corporate Acceleration Program (CAP), Creative Hacknology Intensive Program(CHIP), Relationship Manager Development Program (RMDP), SMART Bankers Program, dan Comprehensive Operations Excellence (CORE). “Namun, hari ini kita akan lebih banyak membahas terkait SMARTBankers Program,” katanya.

Diskusi dilanjutkan oleh Astria Maruti selaku Bank BTPN Human Resources Business Partner (HRBP) yang menjelaskan mengenai SMART Bankers Program. “SMART merupakan program yang berfokus pada bidang Business Corporate Banking,” paparnya. Astria menambahkan bahwa program SMART ditujukan kepada orang yang baru saja lulus dari universitas. “Dengan mengikuti program ini, individu dapatmemperoleh banyak wawasan baik dalam bentuk technical skills maupunsoftskill, seperti kemampuan komunikasi dan negosiasi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sean Agustinus Handoko selaku peserta SMART Bankers Program batch satu turut membagikan sedikit pengalamannya. “Awalnya, aku dihubungi via Direct Message (DM) di Linkedin dan ditawarkan program BTPN,” ucapnya. Hal tersebut membuat Sean tertarik dan mendaftar SMART Bankers Program. “Setelah mendaftar dan berhasil melalui tahap screening Commanditaire Vennootschap (CV) nanti akan dihubungi via Whatsapp oleh Human Resources (HR) untuk melakukan interview,” tuturnya. Sean menambahkan bahwa interview dilakukan di cabang pusat Bank BTPN masing-masing kota. “Setelah lulus interview, akan dilakukan medical check-up kemudian send agreement untuk program SMART selama enam bulan,” tutupnya. (jv)