Bupati Mojokerto Cetak 30 Trainer buat Tingkatkan Kapasitas Guru PAUD-TK samueldim July 26, 2022

Bupati Mojokerto Cetak 30 Trainer buat Tingkatkan Kapasitas Guru PAUD-TK

Mojokerto – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mencetak 30 pelatih (trainer) untuk meningkatkan kapasitas para guru PAUD. Puluhan tenaga pelatih tersebut selanjutnya ditugaskan untuk melatih para guru terkait teknik memberikan pengasuhan praliterasi kepada anak-anak.
Acara Training of Trainers (ToT) ini buah kerja sama Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto dengan Progam Studi (Prodi) Magister Psikologi Sains Universitas Surabaya (Ubaya). Pelatihan untuk mencetak tenaga pelatih ini diikuti 30 bunda PAUD di Ubaya Training Center (UTC), Kecamatan Trawas.
ToT kali ini dihadiri langsung Bupati Ikfina. Puluhan bunda PAUD digembleng tentang strategi pengasuhan praliterasi terhadap anak usia dini sebagai fondasi kemampuan literasi yang meliputi membaca, menulis, menghitung, berbicara dan memecahkan masalah.
Menurut Ikfina, pengasuhan praliterasi sangat dibutuhkan anak-anak sejak usia dini agar mereka nantinya mempunyai kemampuan literasi yang baik. Pengasuhan praliterasi meliputi pemahaman bahasa lisan, pengenalan buku, pemahaman kata dan bunyi, pengenalan huruf atau alpabet dan pengenalan tulisan.
‘Maka untuk persiapan praliterasi ini juga harus baik dan makannya persiapan praliterasi ini adalah pada anak usia dini,’ kata Ikfina kepada wartawan di lokasi, Sabtu (16/7/2022).
Bupati perempuan pertama di Mojokerto ini menjelaskan ToT ini diharapkan menghasilkan tenaga trainer yang mumpuni. Nantinya, para pelatih tersebut ditugaskan untuk melatih para guru PAUD dan Playgorup di Kabupaten Mojokerto.
‘Sehingga nantinya para guru akan paham bagaimana mendidik anak-anak terkait dengan praliterasinya dan bagaimana kemudian mereka mendampingi anak-anak ini dalam perkembangan emosi sosialnya,’ jelas Ikfina.
Keberhasilan program pengasuhan praliterasi terhadap anak-anak usia dini, kata Ikfina, tentu saja akan menghasilkan murid-murid yang unggul di Kabupaten Mojokerto. Sehingga anak-anak di Bumi Majapahit bakal bisa menjalani pendidikan SD sampai perguruan tinggi dengan baik dan lancar.
Untuk mencapai keberhasilan itu, dibutuhkan tenaga pendidik yang berkualitas. Ikfina berharap ToT ini menghasilkan para trainer yang berkualitas untuk melatih para guru PAUD di Kabupaten Mojokerto.
‘Kalau mereka nanti lulus jadi trainer, kami akan lakukan langkah pasti berikutnya bagaimana mereka akan melaksanakan semuanya sebagai trainer. Kami akan tatakan, satu trainer untuk berapa guru, terus kami petakan,’ tandasnya.
Sumber: detik.com