Peroleh Pengalaman Baru melalui MOFEST 2022 samueldim June 24, 2022

Peroleh Pengalaman Baru melalui MOFEST 2022

Laboratorium Manajemen Operasi Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Surabaya (FBE Ubaya) kembali menggelar acara MOFEST. Mengangkat tema “Sustainability of Operation Industry”, acara ini diselenggarakan selama dua hari tepatnya pada 9 dan 10 Juni 2022. Dilaksanakannya acara ini bertujuan untuk melatih softskill, menanamkan jiwa kompetisi, serta mendorong mahasiswa untuk berpikir kreatif. Berlangsung di Plaza serta ruang kelas FBE, acara ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa Laboratorium Manajemen Operasi FBE Ubaya.

Efrat Anjayat Mulia, mahasiswa FBE Ubaya Jurusan Manajemen Layanan dan Pariwisata angkatan 2019, selaku Ketua Acara menyatakan bahwa MOFEST merupakan pelaksanaan pembelajaran dengan metode experientiallearning yang diadakan oleh mata kuliah Meeting Incentive Conference Exhibition(MICE).“Metode experiential sendiri dilakukan dengan menggabungkan pengetahuan, keterampilan, serta nilai-nilai yang telah dipelajari selama satu semester,” jelasnya. Dengan kata lain, MOFEST digunakan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan hal yang telah dipelajari selama satu semester. Lebih lanjut, Efrat menuturkan bahwa MOFEST terbagi atas dua rangkaian acara utama, yaitu kompetisi Laboratorium Manajemen Operasi serta Talkshow yang membahas dunia bisnis saat ini. “Selain kedua acara utama tersebut, MOFEST juga dilengkapi dengan dua event yaitu Beauty Workshop dan Grooming,” tuturnya.

Efrat turut menjelaskan bahwa MOFEST 2022 dilakukan secara full offline. “Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilakukan secara online, tahun ini kami menyelenggarakan MOFEST full offline,” ucapnya. Hal tersebut dilakukan atas beberapa pertimbangan, salah satunya yaitu kasus Covid-19 yang semakin menurun. Selain itu, MOFEST yang dilakukan secara offline juga dinilai lebih efisien dan efektif.“Dengan dilaksanakannya acara ini secara offline, mahasiswa tidak hanya dapat memahami materi di kelas, namun juga dapat mengimplementasikannya dalam acara secara langsung,” katanya.

Acara ini berhasil menarik antusiasme mahasiswa. Salah satu mahasiswa FBE Ubaya angkatan 2021 yang bernama Michael Wijaya menyatakan bahwa ia memperoleh wawasan baru melalui acara ini. “Insight yang aku dapat berhubungan dengan fashion karena kebetulan aku mengikuti event Grooming,” ucapnya. Selain itu, Michael turut menyampaikan harapannya untuk acara MOFEST selanjutnya. “Aku berharap acara seperti ini dapat dikembangkan lagi dengan tema yang berbeda di tahun depan,” tegasnya. (jv)