Semarak Dies Natalis Fakultas Kedokteran Ubaya ke-6 samueldim April 18, 2022

Semarak Dies Natalis Fakultas Kedokteran Ubaya ke-6

Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (FK Ubaya) telah memasuki usianya yang ke-6 tahun. Pencapaian ini tak lepas dari perjuangan para pendiri Ubaya untuk menghadirkan pendidikan dokter yang berkualitas. Rektor Ubaya, Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran FK Ubaya yang telah membuat program-program baru demi kemajuan FK. “Momentum Dies Natalis ini sangat baik untuk kita. FK Ubaya harus semakin unggul dan maju,” ujarnya.

Rangkaian kemeriahan Dies Natalis diawali dengan webinar pada Sabtu, 26 Maret 2022. Bertema “Interprofessional Collaboration Medico Technopreneurship Role of the Future”, webinar kali ini merupakan kolaborasi antara FK Ubaya dengan Fakultas Teknik, Fakultas Teknobiologi, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya.

Kolaborasi antar interprofesional dilakukan untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa FK Ubaya terkait perkembangan teknologi dalam bidang kedokteran. “Mudah-mudahan webinar ini jadi masukan yang baik bagi calon-calon dokter di masa mendatang. Karena revolusi 4.0 akan merubah tatanan, khususnya kesehatan,” ujar Dekan Fakultas Kedokteran Ubaya, Prof. Dr. dr. Rochmad Romdoni, Sp.PD., Sp.JP(K)., FIHA., FAsCC., FACC.

Wakil Dekan 1 Fakultas Kedokteran Ubaya, dr. Risma Ikawaty, Ph.D. menjelaskan pelayanan kesehatan yang terintegrasi teknologi membantu dalam proses diagnosa pasien dan mengatasi masalah kesehatan yang ada. Dari sisi teknologi, Dekan Fakultas Teknik Ubaya, Ir. Eric Wibisono, Ph.D., IPU, memberikan materi tentang adopsi teknologi inovatif dalam pendidikan medis serta prakteknya. Dalam bidang Farmasi, Dekan Fakultas Farmasi Ubaya, Dr. Dra. Farida Suhud, M.Si., Apt. menjelaskan adanya penemuan obat dan penelitian yang menguntungkan pasien. Tak ketinggalan Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Dr. Putu Anom Mahadwartha, S.E., M.M., CSA., CIB, mememberikan gambaran umum tentang perubahan dalam teknologi medis dan peluangnya dari segi ekonomi.

Selain webinar, ada pula Talk Show yang dibawakan dalam bentuk IG Live, Podcast, dan Youtube. Acara puncak Dies Natalis diadakan pada Jumat, 1 April 2022 di Selasar Fakultas Kedokteran Ubaya. Kegiatan dimulai dengan acara Donor Darah di Gedung Serbaguna Fakultas Psikologi Ubaya. Sebagai seremonial, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua Yayasan Universitas Surabaya, Anton Prijatno, S.H.

“FK harus siap beradaptasi menyesuaikan perubahan. Yayasan berkomitmen untuk mendukung FK, salah satunya RS Ubaya. Sehingga, mahasiswa dan dosen dapat melakukan pengabdian masyarakat,” tuturnya.

Adanya bazaar, penampilan tarian, band, paduan suara, dan flash mob semakin memeriahkan acara hari jadi FK Ubaya tahun ini.

Selamat ulang tahun FK Ubaya yang ke-6! Semoga tiap tahunnya dapat mencetak dokter yang unggul dan berkompeten demi kemajuan bangsa. (el)