Pamerkan 38 Batik Kolaborasi Mahasiswa dan Perajin samueldim February 9, 2022

Pamerkan 38 Batik Kolaborasi Mahasiswa dan Perajin

SURABAYA – Sebanyak 38 kain batik tulis dipamerkan di Gedung Internasional Universitas Surabaya (Ubaya) kemarin (19/10). Batik bertema cerita Panji tersebut merupakan hasil kolaborasi mahasiswa fakultas industri kreatif (FIK) dengan perajin di Jawa Timur (Jatim).
Dekan FIK Ubaya Prof Ir Markus Hartono ST Msc PhD CHFP IPM ASEAN Eng menyatakan, kolaborasi para mahasiswa FIK Ubaya dengan perajin di bawah Asosiasi Perajin Batik Jawa Timur (APBJ) tersebut merupakan salah satu kegiatan yang didukung dana hibah Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN). Tema yang diangkat adalah Simbolisme dan Nilai Cerita Panji Jawa Timur pada Ragam Hias Jawa Timur. ‘Kisah Panji ini diangkat dan dituangkan dalam karya seni batik tulis, katanya kepada Jawa Pos kemarin.
Para mahasiswa FIK terlibat dalam pembuatan desain motif baru bertema cerita Panji. Kemudian, desain itu diimplementasikan dalam batik tulis yang dibuat langsung oleh para perajin di Jatim. ‘Jadi, bisa dibilang motif-motif yang didesain mahasiswa FIK ini membawa nuansa baru dalam batik tulis. Desainnya lebih milenial, tapi tidak lepas dari kearifan lokal,’ ujarnya.
Kisah Panji, lanjut dia, memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui seluruh generasi. Bahkan, kisah yang belajar dari Jatim itu dikenal hingga Asia Tenggara dalam bentuk beragam karya seni. Baik seni tari, teater, sastra, wayang, lukis, maupun pahat. ‘Mahasiswa pun dibebaskan untuk mengembangkan kreativitas dengan mengangkat tema cerita Panji,’ tutur dia.
Salah seorang mahasiswa FIK Ubaya, Bernadette Vassula Thiores, merasa sangat senang bisa berpartisipasi dalam melestarikan cerita Panji. Apalagi, desain karyanya dapat diwujudkan ke dalam batik tulis oleh perajin di Jatim. Hasil pun sangat elok. ‘Kami mendesain motif batik ini menggunakan digital. Perajin menerapkannya ke dalma batik tulis. Puas sekali,’ ucapnya.
Ketua APBJ Wirasno menyampaikan, para perajin di bawah naungan APBJ berkolaborasi untuk mewujudkan karya desain mahasiswa Ubaya ke dalam batik tulis. Total, ada 38 perajin di kabupaten/kota yang terlibat untuk 38 karya batik tulis bertema cerita Panji. ‘Ini menjadi kolaborasi yang baik. APBJ dapat membantu menjadikan motif-motif yang dirancang Ubaya ke dalam karya batik,’ tuturnya. (ayu/c14/ai)
Sumber: JawaPos, 20 Januari 2022