Mengenal Program Peminatan Baru FBE Ubaya samueldim February 4, 2022

Mengenal Program Peminatan Baru FBE Ubaya

Senin, 17 Januari 2022 Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE Ubaya) berkolaborasi bersama MarkPlus Institute dalam menggelar sosialisasi bertajuk “Ready to Challenge for The Future”. Dilaksanakannya sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan program peminatan baru yakni Digital Business Innovation danprogram peminatan kekhususan baru yaitu Entrepreneurial Marketing kepada mahasiswa FBE Ubaya. Dr. Deddy Marciano S.E., M.M., CSA., CBC., selaku Kepala Jurusan Manajemen FBE Ubaya dan Ferdy Herdi Hartanto, S.T., M.M., selaku senior manager MarkPlus Institute hadir sebagai pembicara dalam sosialisasi ini. Berlangsung melalui Zoom,sosialisasi ini berhasil menarik ratusan partisipan dari kalangan Ubaya.

Ferdy mengawali sosialisasi dengan menyampaikan informasi terkait Entrepreneurial Marketing. Ia mengatakan bahwa Entrepreneurial Marketing merupakan sebuah program kolaborasi antara Ubaya dan MarkPlus Institute. “Program Entrepreneurial Marketing memberikan pembelajaran interaktif dengan menggabungkan konsep terbaru, tools praktis, studi kasus, dan pembelajaran kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja,” jelasnya. Ferdy turut menambahkan bahwa program Entrepreneurial Marketing sangatmempersiapkan mahasiswa untuk siap kerja. “Hal ini didukung dengan berbagai sertifikasi kompetensi serta program magang yang salah satunya dibimbing oleh praktisi dari MarkPlus Institute,” ucapnya.

Sosialisasi dilanjutkan dengan penyampaian informasi mengenai Digital Business Innovation oleh Deddy. “Digital Business Innovation merupakan gabungan dari semua laboratorium,” katanya. Berkaitan dengan hal ini, mahasiswa akan belajar bersama dengan dosen dari berbagai laboratorium. Deddy turut menambahkan bahwa Digital Business Innovation mengajarkan ilmu masa depan. “Jika mahasiswa menguasai ini, tidak ada perusahaan yang akan menolaknya,” tambahnya. Selain itu, apabila mahasiswa kreatif dan inovatif maka ia juga dapat mendirikan perusahaan, baik start up atau non-start up.

Pembahasan materi banyak menarik pertanyaan dari para partisipan. Seorang partisipan bernama Maria Paulina dari jurusan FBE mengajukan sebuah pertanyaan, “Apakah program Entrepreneurial Marketing mengharuskan mahasiswa untuk magang selama enam bulan atau boleh tiga bulan saja?” Menjawab pertanyaan tersebut, Ferdy menjelaskan bahwa pada dasarnya, program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk magang di MarkPlus selama enam bulan. Menurutnya, internship di MarkPlus selama tiga bulan tidak akan terasa karena mahasiswa hanya magang pada satu atau dua proyek. Hal tersebut menyebabkan mahasiswa tidak memperoleh terlalu banyak pengalaman. “Maka dari itu, magang di set minimal enam bulan sehingga pengalaman dan implementasi materi menjadi lebih banyak,” tutupnya. (RE5)