Ubaya Siapkan Beragam Pilihan Beasiswa Pascasarjana samueldim December 27, 2021

Ubaya Siapkan Beragam Pilihan Beasiswa Pascasarjana

Program Pascasarjana Universitas Surabaya (Ubaya) menyediakan beragam pilihan beasiswa bagi caon mahasiswa baru tahun akademik 2022-2023. Salah satu beasiswa program pascasarjana ynag ditawarkan adalah beasiswa merit and equity untuk jenjang pendidikan program magister (S-2) dan doktoral (S-3)
Beasiswa tersebut dilihat dari indeks prestasi kumulatif (IPK) terakhir saat lulus program sarjana atau magister. Semakin bagus IPK yang diperoleh, makin besar beasiswa yan gdidapat selama masa studi normal.
Sebagia bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan, Ubaya juga memberikan beasiswa untuk keluarga yang kurang mampu secara finansial akibat terdampak pandemi. Dengan mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi, calon mahasiswa yang memiliki tes prestasi akademik bisa mendaftar Beasiswa Ubaya Peduli Covid-19.
Ubaya berharap beasiswa itu bisa menyemangati dan memotivasi calon mahasiswa untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Selain itu, terdapat Beasiswa Alumni Ubaya. Yakni, beasiswa khusus bagi calon mahasiswa yang berasal dari fakultas dan program studi (prodi) S-1 atau S-2 Ubaya. Ada juga Beasiswa Keluarga Besar Ubaya untuk calon mahasiswa yang memiliki kakek, nenek, orang tua, kakak kandung, suami, atau istri yang masih aktif sebagai mahasiswa atau berstatus alumnus Ubaya.
Melnajutkan pendidikan studi S-2 dan S-3 memiliki banyak manfaat, terutama dalam menunjang karier di masa depan. Program pascasarjana Ubaya merupakan kampus multikultur yang sangat bagus untuk menambah relasi baru dan mengembangkan kemampuan intelektual melalui berbagai tugas atau penelitian yang diberikan.
Mahasiswa yang lulus program pascasarjana dengan gelar magister atau doktoral memiliki nilai tambah di mata perusahaan yang mencari tenaga kerja andal dan profesional. Kuliah S-2 atau S-3 bisa menjadi pilihan jika ingin mengubah arah karier sesuai pekerjaan yang ditekuni saat ini.
Ada beragam pilihan program magister dan doktoral di Ubaya (selengkapnya baca grafis). Calon mahasiswa yang tertarik melanjutkan studi S-2 di Fakultas Farmasi Ubaya dapat memilih prodi magister farmasi klinis atau prodi magister farmasi industri.
Magister farmasi klinis adalah program pascasarjana untuk menanggapi kebutuhan akan keahlian farmasi klinis yang dalam bekerja perlu berinteraksi langsung dengan dokter, profesional kesehatan, dan pasien. Sementara itu, magister farmasi industri adalah program pascasarjana yang membekali mahasiswa dengan praktik serta ilmu pengembangan produksi, bentuk sediaan, pengembangan analisis dalam quality control, regulasi, dan perancangan industri kefarmasian.
Calon mahasiswa yang tertarik mempelajari ilmu hukum dengan lebih spesifik bisa memilih Prodi Magister Ilmu Hukum atau Prodi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Ubaya. Penyelenggaraan pendidikan pada Prodi Magister Ilmu Hukum Ubaya bertujuan menghasilkan lulusan berkualitas serta mampu mengantisipasi perkembangan dan kebutuhan hukum masyarakat, terutama terkait hukum bisnis.
Kemudian, jika memilih Prodi Magister Kenotariatan Ubaya, mahasiswa akan diajarkan pembuatan akta-akta badan usaha, akta-akta kontrak, akta-akta pertanahan, akta-akta keluarga dan waris. Mahasiswa juga belajar tentang pekerjaan profesional di bidnag hukum lain. Di antaranya, konsultan, law office, dan konsultan pasar modal.
Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Ubaya juga menawarkan pendidikan jenjang S-2 untuk prodi magister akuntansi dan prodi magister manajemen. Prodi Magister Akuntansi Ubaya menawarkan tiga peminatan. Yakni, akuntansi keuangan, akuntansi dan pengendalian manajemen, dan innovation accounting.
Sementara itu, Prodi Magister Manajemen Ubaya menawarkan lima konsentrasi. Yakni, strategic management, logistic and operation management, investment management, human capital development, dan creative marketing.
Mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Teknik Ubaya bisa mendaftar di Prodi Magister Teknik Industri Ubaya. Berkonsentrasi pada logistics and supply chain engineering untuk menjawab tantangan kebutuhan SDM di bidnag logistik, distribusi, dan transportasi di masa kini maupun masa mendatang.
Fakultas Teknobiologi Ubaya juga memiliki prodi magister bioteknologi dengan empat bidang peminatan. Yakni, bioteknologi pangan, bioteknologi tanaman, bioteknologi kesehatan dan forensik, serta bioteknologi lingkungan dan energi terbarukan. Mahasiswa dipersiapkan menjadi tenaga ahli yang berperan sebagai pelaku dan inovator bioteknologi, khususnya dalam perindustrian di Indonesia.
Dalam Program Pascasarjana Fakultas Psikologi Ubaya terdapat magister psikologi sains, magister psikologi profesi, dan program doktor psikologi. Magister Psikologi Sains Ubaya sangat cocok bagi mahasiswa yang suka mengombinasikan unsur ilmiah dengan riset perilaku dan kondisi mental yang bisa diterapkan di lingkungan kerja.
Jika memilih Magister Psikologi Profesi Ubaya, mahasiswa akan dipersiapkan menjadi Psikolog yang terampil dalam menangani permasalahan di level individual, organisasi, komunitas, atau sistem. Sementara itu, Program Doktor Psikologi Ubaya dibuka sebagai bentuk kepedulian kampus atas pengembangan keilmuan, khususnya psikologi, di Indonesia. Program Doktor Psikologi Ubaya berfokus pada permasalahan perkotaan (urban psychology) yang terbagi dalam urban mental health, urban family and education, dan urban industrial and organization.
Saat ini dibuka pendaftaran bagi mahasiswa baru Program Pascasarjana Ubaya tahun akademik 2022-2023. Daftarkan diri Anda secara online melalui https://daftar.ubaya.ac.id/pasca
Sumber: Jawa Pos, 13 Desember 2021