Ubaya Kembangkan Program Biomedical Engineering samueldim October 12, 2021

Ubaya Kembangkan Program Biomedical Engineering

Foto: Ilustrasi penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan
SURABAYA – Dunia kesehatan masa depan tidak lepas dari teknologi. Universitas Surabaya (Ubaya) pun terus mengembangkan Program Biomedical Engineering Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Ubaya. Prodi tersebut ditargetkan dapat memberikan sumbangsih dalam membuat inovasi-inovasi berkaitan dengan peralatan medis, mulai dari skala kecil hingga skala besar.
Dekan Fakultas Teknik Ubaya Eric Wibisono mengatakan, alat-alat medis dibuat dan dikembangkan oleh tenaga kesehatan bersama biomedical engineer. Kolaborasi dunia kedokteran dan engineering sangat dibutuhkan untuk merancang berbagai peralatan medis yang tepat guna. ‘Biomedical engineering adalah kolaborasi ilmu keteknikan dan kedokteran yang mempelajari rekayasa sistem medis berbasis teknik,’ katanya.
Dosen Fakultas Kedokteran Ubaya dr Jordan Bakhriansyah SpJP mengatakan, biomedical engineering tentu akan membantu mempermudah tenaga kesehatan. Saat ini banyak warga yang ingin mempunyai dokter pribadi untuk memantau kesehatannya kapan saja. Hal itu dipermudah dengan adanya teknologi wearable device yang dibuat oleh biomedical engineering untuk menunjukkan kondisi kesehatan seseorang secara real time. ‘Teknologi membuat tenaga medis lebih mudah dalam bekerja,’ imbuhnya.
Dosen Program Biomedical Engineer Prodi Teknik Elektro Nemuel Daniel Pah mengatakan, pelayanan kesehatan bergantung pada dokter yang baik dan berkualitas. Teknologi menjadi pendukung pelayanan para dokter terhadap pasien. ‘Jadi, peran dari biomedical engineer tidak boleh dianggap remeh. Biomedical engineer menjadi partner dengan praktisi medis untuk menunjang pelayanan kesehatan terhadap pasien.’ Biomedical engineering sendiri ke depan jadi peluang karier yang bagus,’ ujarnya. (ayu/c6/ai)
Sumber: Jawa Pos, 4 Oktober 2021