Examination Skill:Menggali Cara Belajar yang Efisien samueldim October 6, 2021

Examination Skill:Menggali Cara Belajar yang Efisien

Kamis, 16 September 2021 Konseling dan Pengembangan Diri Mahasiswa Universitas Surabaya (KPDM Ubaya) mengadakan Student Success Seminar (S3) dengan tema Examination Skill. Dilaksanakannya webinar ini bertujuan agar partisipan dapat mengetahui cara belajar yang efisien dalam menghadapi ujian. Maya Hilda Lestari Louk, S.T., M.Sc.,selaku Dosen Jurusan Teknik Informatika Ubaya hadir sebagai narasumber dalam webinar kali ini. Berlangsung melalui Zoom, acara dihadiri oleh sedikitnya 87 partisipan dari kalangan Ubaya dan non Ubaya.

Maya menuturkanbahwa sebelum mempelajari sesuatu, kita harus mencintai hal tersebut terlebih dahulu. “Ketika kitatelah menyukai sesuatu, apapun kesulitannya pasti akan dihadapi,” papar Maya. Memang tidak semua hal dapatdisukai, namun kita bisaberusaha untuk membuatnya menjadi lebih menyenangkan dengan menikmati prosesnya terlebih dahulu. Selain itu, Maya turut menambahkan apabila kita sudah terlanjur menjalani sesuatu yang tidak disukai, maka kita perlu melihat kembali goals yang ingin dicapai.

Lebih lanjut, Maya menjelaskan metode-metode belajar yang dimiliki oleh mahasiswa, seperti: visual, auditori, dan kinestetik. Namun menurutnya, kita tidak boleh bergantung sepenuhnya pada hal tersebut. Hal ini dikarenakan setiap bidang studi yang ditekuni mahasiswa memiliki gaya belajarnya masing-masing.

Pembahasan materi banyak menarik perhatian partisipan untuk mengajukan pertanyaan. Seorang partisipan bernama Keane Koeswara yang merupakan mahasiswi FakultasFarmasi angkatan 2021 menyampaikan sebuah pertanyaan, “Bagaimana cara menyenangkan diri sendiri jika merasa kurang efektif dalam pembelajaran online?” Menjawab pertanyaan tersebut, Maya memaparkan bahwa kita dapat beraktivitas layaknya menghadiri kuliah offline. “Bangun pagi seperti biasa, mandi, sikat gigi, dan memakai kemeja yang rapi seolah-olah akan pergi ke kampus,” ucap Maya. Menurutnya, hal tersebut akan banyak mengubah mood yang dimiliki seseorang. (RE5,dhi)