Gandeng Komponis Addie M.S., Aransemen Ulang Himne dan Mars samueldim July 23, 2021

Gandeng Komponis Addie M.S., Aransemen Ulang Himne dan Mars

SURABAYA, Jawa Pos – ‘Dengan ilmu, dengan karya, sedia berbakti, untuk nusa, untuk bangsa, Indonesia sakti.’ Penggalan Himne Universitas Surabaya (Ubaya) itu terdapat di kanal YouTube Ubaya Official. Nyanyian tersebut diaransemen ulang oleh komponis Addie M.S. Dia menggandeng grup orkestra asal Republik Ceko untuk menggarap proyek itu. Addie juga mengaransemen ulang Mars Gelora Ubaya.
Himne Ubaya dan Mars Gelora Ubaya meurpakan lagu wajib di setiap prosesi acara resmi di Ubaya. Baik didengarkan maupun dinyanyikan. Misalnya, pada acara penerimaan mahasiswa baru, wisuda, atau seremonial lain. Misalnya, pada acara penerimaan mahasiswa baru, wisuda, atau seremonial lain. Dua tembang itu diaransemen ulang agar memiliki kesan yang lebih baik. Hal tersebut berkaitan dengan tema strategis baru yang dirumuskan kampus yang berlokasi di Surabaya Timur itu. Yaitu, A New Leap Into the Future.
Tema itu menyiratkan peremajaan kembali sekaligus pembaruan Ubaya. ‘Dalam suasana dan semangat brau itu, kami memutuskan untuk mengaransemen dua lagu tersebut,’ kata Rektor Ubaya Ir Benny Lianto MMBAT. Addie M.S., dipilih karena merupakan salah satu komposer terbaik di Indonesia.
Aransemen itu memakan waktu hingga lima bulan. Yakni, sejak akhir 2020 hingga April 2021. Dalam prosesnya dua syair yang diciptakan mediang Hendro Sutrisno itu tidak diubah. Namun, versi terbaru tersebut melibtakan orkestra. Bukan keyboard dengan suara sampling orkestra.
‘Penataan harmoni dan suara juga diupayakan lebih detail,’ kata Addie. Dia juga menggandeng grup City of Prague Philharmonic Orchestra dari Republik Ceko saat proses pembuatan.
Addie pun bangga menjadi bagian dari proses pembaruan itu. Dia berharap Himne Ubaya dan Mars Gelora Ubaya terasa lebih hikmat dan dalam agar liriknya lebih merasuk ke sanubari para civitas academica Ubaya.
Pelatih Ubaya Choir Bagus Syafrieza juga merasa senang akan kesempatan yang diberikan untuk bekerja sama dengan Addie M.S. SSalah satu yang menantangnya adalah mengolah suara dan rasa. Sebab, mahasiswa tidak bisa bertemu secara langsung setiap hari akibat pandemi. Akhirnya Ubaya Choir berkoordinasi dan berlatih secara online. ‘Kami sangat kagum dengan hasil aransemennya karena terdengar lebih megah seperti lagu kebangsaan,’ paparnya. (nas/c7/tia).
Sumber: Jawa Pos, 14 Juli 2021