Kreatif dalam Berbisnis Guna Memberi Dampak Positif samueldim July 13, 2021

Kreatif dalam Berbisnis Guna Memberi Dampak Positif

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar webinar bertajuk ‘Strategi Berpikir Kreatif untuk Daya Saing Bisnis’. Rangkaian Seri Edukasi Masyarakat 2021 ini diadakan dengan tujuan peran perguruan tinggi dalam pencapaian sustainable development goals di masa normal baru. Webinar seri ke 23 ini dilaksanakan pada Rabu, 16 Juni 2021 pukul 13.00-15.30 WIB secara online melalui Zoom. Prita Ayu Kusumawardhany, S.E.,M.M. dan Grace Felicia Djayapranata, S.E., MBA. yang merupakan Dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya menjadi narasumber pada webinar seri ke 23 ini.

Sesi pertama dibawakan oleh Grace dengan materi ‘Konten Kreatif dalam Instagram’. “Konten diperlukan guna meningkatkan leads, yaitu memberi tahu tentang produk kepada konsumen, tiga kali lebih banyak dibanding pemasaran tradisional seperti iklan di TV,” papar Grace di awal materinya. Grace juga menjelaskan brand memiliki peluang untuk terkoneksi, memberi pengalaman positif, serta membangun opini positif konsumen melalui penciptaan konten. Salah satu strategi lain adalah dengan menentukan buyer persona, yaitu mengenal konsumen agar mengetahui selera dan preferensinya. “Tidak ada korelasi hubungan antara waktu yang dihabiskan untuk membaca dengan jumlah konten yang dibagikan,” ungkap Grace. Maka dari itu konten yang menarik menjadi faktor yang penting untuk meningkatkan engagement dengan konsumen.

Prita membawakan sesi kedua dengan materi berjudul ‘Berpikir Kreatif: Produk Kreatif’. “Salah satu cara untuk memulai berpikir kreatif adalah dengan mengerti framework dan langkat pertamanya merupakan aktivasi empati,” ucap Prita. Selain itu Prita juga menegaskan bahwa ide tanpa empati akan berefek tidak optimal dalam jangka panjang. “Menurut penelitian dari 10.000 ide hanya dua atau tiga ide saja yang bisa terealisasi, maka dari itu tentukan target yang ingin kita fokuskan untuk digali permasalahannya dan memberikannya solusi yang tepat,” tukas Prita.(han)