Taiwan Education Center: Studi di Luar Negeri, Siapa Takut? samueldim July 6, 2021

Taiwan Education Center: Studi di Luar Negeri, Siapa Takut?

Kamis, 10 Juni 2021 Taiwan Education Center menggelar webinar bagi seluruh mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya). Dengan tajuk Study Scholarship in Taiwan, peserta akan diberikan informasi seputar pendidikan di Taiwan. Sedikitnya 33 mahasiswa dari berbagai fakultas turut menghadiri webinar yang digelar secara daring melalui Zoom.

Sekilas tentang webinar, Taiwan Education Center merupakan bagian dari kementerian pendidikan Taiwan yang bertugas untuk memberikan informasi dan panduan pendidikan di Taiwan. Sehingga pada kesempatan kali ini, A’yun yang merupakan asisten manager di Taiwan Education Center turut menjelaskan beragam informasi. Mulai dari fakta tentang Taiwan, sistem pendidikan di Taiwan, dan kuliah di Taiwan.

“Kenapa memilih Taiwan sebagai tujuan studi lanjutnya?” tanya A’yun mengawali webinar. Menurutnya, Taiwan merupakan tempat yang sangat cocok bagi mereka yang ingin menempuh studi di luar negeri. Terdapat beberapa faktor yang turut mempengaruhi, seperti: academic resources and quality, diverse culture, high-standard living quality, available scholarship, learning chinese, location, dan lain sebagainya. “Taiwan merupakan tempat dengan teknologi dan industri yang maju. Taiwan juga merupakan rumah bagi semua agama,” lanjutnya saat itu. Meskipun Taiwan tidak seluas Indonesia, tetapi terdapat ratusan universitas dengan beragam sistem edukasi. Mulai dari Undergraduate (S1) selama 4 tahun, Master Degree (S2) selama 2 tahun, dan Doctoral Degree (S3) selama 4-5 tahun.

Janice Santoso, mahasiswi Fakultas Teknik Industri 2018 turut menanyakan, “Bagaimana sistem atau alur pengumpulan berkas-berkas yang diminta oleh universitas terkait?” Serentak A’yun menyampaikan jika berkas-berkas tersebut dapat langsung dikirimkan ke website universitas masing-masing. “Jadi dari pihak universitas sudah memberikan website tersendiri dan teman-teman bisa membuat akunnya terlebih dahulu, lalu mengisi formulir pendaftaran, dan mengupload berkas-berkas yang dibutuhkan,” jawab A’yun saat itu.(jr)