Mahasiswa Unair dan Ubaya Lolos IISMA samueldim July 1, 2021

Mahasiswa Unair dan Ubaya Lolos IISMA

SURABAYA – Mahasiswa dari kampus di Surabaya lolos program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021. Ada 52 mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) dan 8 mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) yang berhasil lolos. Program yang diadakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek itu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar satu semester di kampus terkemuka di luar negeri.
Ketua Airlangga Global Engagement (AGE) Unair Iman Haryawan SE MBA PhD mengungkapkan program IISMA memberikan opsi kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar negeri. ‘Mereka bisa dapat banyak knowledge karena mata kuliah di kampus luar negeri bagus-bagus,’ katanya.
Total, ada 52 mahasiswa Unair yang lolos program tersebut. Mereka tersebar di beberapa fakultas. Sebanyak 31 kampus ternama dari berbagai negara menjadi tujuan belajar mahasiswa yang lolos program. ‘Mereka yang lolos dapat kesempatan belajar satu semester yang dimulai pada September tahun ini,’ jelasnya. Iman menyebutkan, selama kuliah, mereka akan mengambil empat mata kuliah.
Bukan hanya Unair, delapan mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) juga lolos program IISMA 2021. Mereka yang lolos bebas memilih kampus terkemuka di luar negeri sesuai dengan minatnya.
Rektor Ubaya Benny Lianto menjelsakan, program IISMA bertujuan memfasilitasi mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan serta bertukar gagasan dan budaya. Juga, membangun jejaring dengan teman kuliah, akademisi, dan masyarakat internasional di perguruan tinggi di luar negeri. ‘saya mengapresiasi delapan mahasiswa Ubaya sebagai penerima beasiswa IISMA. Program IISMA bagus selaras dengan kebijakan Ubaya untuk menghasilkan lulusan yang berkemampuan holistis,’ ujarnya. (ayu/c14/dio)
Sumber: Jawa Pos, 18 Juni 2021.