Ubaya-Samator Luncurkan Arief Harsono Scholarship hayuning June 14, 2021

Ubaya-Samator Luncurkan Arief Harsono Scholarship

Tangkap Peluang Menjadi Engineer Masa Depan
Pandemi Covid-19 yang menghambat pertumbuhan ekonomi mengakibatkan sebagian keluarga menunda menguliahkan putra-putrinya di perguruan tinggi setelah lulus SMA/SMK. Di sisi lain, kebutuhan industri akan tenaga kerja yang andal tidak bisa menunggu dan diprediksi terus meningkat.
Bekerja sama dengan PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group), Univesitas Surabaya (Ubaya) menghadirkan program Arief Harsono Scholarship (AHS). AHS adalah beasiswa double helix antara Ubaya dan Samator Group yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa di seluruh Indonesia yang ingin berkuliah di Fakultas Teknik Ubaya.
Beasiswa tersebut digagas Fouder dan CO Samator Group Arief Harsono sebagai wujud kepedulian dan komitmen dalam menyiapkan anak bangsa menuju generasi emas dan Indonesia maju. Gagasan tersebut disambut baik Ubaya dengna bersinergi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki ability to survive agar siap mengisi pluang munculnya pekerjaan baru di masa mendatang.
‘Melalui kerja sama dan program ini, kami memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada calon mahasiswa teknik di seluruh Indonesia agar tidak menunda kuliah karena kbutuhan sarjana teknik terus ada, semakin banyak, dan tidak bisa menunggu,’ ucap Dekan Fakultas Teknik Ubaya Ir Eric Wibisono PhD IPU.
AHS berlaku bagi mahasiswa yang telah mendaftar dan diterima di salah satu Program Studi (Prodi) Fakultas Teknik Ubaya serta yang akan mengikuti gelombang penerimaan mahasiswa baru pada Juni 2021. Calon mahasiswa baru tahun akademik 2021-2022 berkesempatan meraih beasiswa penuh dengan potongan UPP (uang penyelenggara pendidikan) dan USP (uang sumbangan pendidikan) 100 persen selama masa studi normal.
Mereka yang mendapatkan beasiswa tidak perlu khawatir dengan biaya hidup selama di Surabaya. Sebab, biaya hidup akan ditanggung selama masa studi normal sesuai standar yang berlaku di Ubaya.
Syaratnya, mahasiswa pnerima beasiswa wajib mempertahankan IPK indeks prestasi kumulatif) minimal 3,5 dari 4,0 hingga lulus. Jika gagal, beasiswa diberhentikan. Mahasiswa tidak diperkenankan cuti selama berkuliah, baik berhenti studi sementara (BSS) maupun mundur studi sementara (MSS). Mahasiswa juga tidka diperkenankan mutasi ke prodi lain.
Calon mahasiswa bisa memilih salah satu Prodi Fakultas Teknik Ubaya yang memiliki program-program yang up-to-date dan relevan dengan kebutuhan dunia saat ini. Daftar prodi selengkapnya lihat grafis.
Selama menempuh pendidikan, mahasiswa penerima beasiswa berkesempatan untuk mendapatkan orientasi perusahaan dari Samator Group. Juga melakukan kunjungan ke perusahaan dan menjalani program magang selama minimal enam bulan di salah satu perusahaan Samator Group.
Samator Group merupakan perusahaan gas industri terbesar dengan jaringan distribusi terluas di Indonesia. Sebagai market leader, Samator Group memiliki 140 cabang di seluruh Indonesia dengan beragam unit bisnis. Mulai gas industri, travel agent, instalasi gas medis dan alat kesehatan, pendidikan dan olahraga, industri kimia, hingga konstruksi dan properti.
Pendaftaran AHS dibuka sampai Kamis, 17 Juni 2021. Pendaftaran dilakukan secara online melalui daftar.ubaya.ac.id dan memilih daftar pada jalur tes (umum). Calon mahasiswa wajib mengikuti jalur tes potensi akademik (TPA) pada Minggu, 20 Juni 2021. Jika dinyatakan lolos pada tahap TPA, maka calon mahasiswa diperbolehkan mengisi form pengajuan beasiswa dan mengirimkan esai dengan tema Why Engineering?
Bagi calon mahasiswa baru Fakultas Teknik Ubaya tahun akadik 2021-2022 yang sudah mendaftar dan dterima di salah satu prodi, tidak perlu mengikuti TPA. Calon mahasiswa hanya perlu mengisi form pengajan beasiswa dan mengirimkan esai dengan tema Why Engineering? Batas akhir pengajuan beasiswa adalah Minggu, 27 Juni 2021.
Yang berhasil melewati seleksi administratif akan dihubungi untuk melakukan tahap wawancara pada Sabtu, 10 Juli 2021, bersama perwakilan Ubaya dan Samator Group. Pengumuman penerima beasiswa dan pemberian penghargaan akan diumumkan pada Senin, 19 Juli 2021. Pada award ceremony, mahasiswa berkesempatan bertemu dengan Founder dan CO Samator Group Arief Harsono.
Setelah lulus kuliah, penerima beasiswa AHS akan berkesempatan untuk berkarir di salah stau perusahaan Samator Group. Jangan tunda kuliah dan dapatkan beasiswa penuh AHS. Segera daftarkan diri Anda. Jadilah professional engineer bersama Fakultas Teknik Ubaya dan Samator Group.
Terakreditasi BAN-PT dan Internasional.
Fakultas Teknik Ubaya berperan aktif dalam mencetak engineer melalui penyelenggaraan pendidikan keteknikan yang berkualitas. Mahasiswa tidak perlu ragu karena semua program studi Fakultas Teknik Ubaya telah terakreditasi BAN-PT.
Selain itu, Program Studi (Prodi) Teknik Kimia dan Teknik Industri Ubaya juga memperoleh akreditasi internasional IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education). Program studi Teknik Industri Ubaya tersertifikasi AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance). Didukung staf pengajar, dosen, praktisi serta profesional yang berkaliber internasional serta fasilitas pembelajaran modern, Fakultas Teknik Ubaya mampu menghasilkan SDM unggul dan berdaya saing di masa depan. (ran)
Sumber: Jawa Pos, 5 Juni 2021