Level Up 2021: Let us Evolve and Learn Progressive samueldim May 15, 2021

Level Up 2021: Let us Evolve and Learn Progressive

Sabtu, 24 April 2021 Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Surabaya (BEMUS) mengadakan Talkshow Level Up dengan tema Quarantine, Let’s Learn and Talk: Improve Your Self-Management. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan soft skill dari mahasiswa Ubaya maupun kalangan umum. Ghania Harsono dan Karisa Djohan yang merupakan content creator hadir sebagai narasumber pada acara kali ini. Sedikitnya 278 peserta dari berbagai kalangan turut berpartisipasi dalam talkshow yang digelar secara daring melalui aplikasi Zoom.

Self-management itu kemampuan kita untuk memegang kendali atas diri sendiri,” ungkap Ghania. Menurutnya, dengan memiliki self-management, kita bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri dalam mengambil keputusan. Sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk menentukan skala prioritas dari tanggung jawab yang harus dilakukan. Sedangkan menurut Karisa, emotional management merupakan bagian yang paling penting dalam self-management. “Emotional management bisa berdampak pada cara kita memprioritaskan tanggung jawab,” tutur Karisa.

Salah satu cara yang efektif dalam menentukan skala prioritas dari tanggung jawab adalah dengan menyusun to do list. “Kalau buat to do list, usahakan jam atau waktunya ikut ditulis. Misalnya, edit video selama 30 menit,” ujar Ghania seraya tertawa. Menurutnya, hal tersebut bisa menghindarkan kita dari lupa waktu atau gangguan dan godaan media sosial lainnya. Menyusun to do list merupakan kebiasaan baik yang dapat membantu kita dalam mengorganisasi tanggung jawab. “Selama kita mendedikasikan waktu yang cukup, maka hasilnya pun pasti akan bagus dan kita tidak akan kewalahan dalam menjalankan tanggung jawab,” jelas Karisa.

Sesi tanya jawab menjadi sesi penutup pada talkshow kali ini. Salah satu peserta dari eksternal Ubaya, Efraimy, menanyakan terkait cara untuk mengabaikan pandangan negatif orang lain terhadap diri sendiri. Menanggapi pertanyaan tersebut, Ghania menjelaskan bahwa setiap orang memiliki opininya masing-masing dan kita tidak bisa mengontrol hal tersebut. “Sebaik atau sepositif apapun kita, pasti akan ada orang yang berkomentar negatif. Daripada fokus ke negatifnya, lebih baik tetap lakukan hal yang kita sukai,” tutup Ghania pada acara kali ini. (dhi)