Imunisasi Lengkap Lindungi Anak dari Covid-19 samueldim May 11, 2021

Imunisasi Lengkap Lindungi Anak dari Covid-19

SURABAYA – Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan membuat sebagian besar orang tua cemas membawa anaknya untuk imunisasi di rumah sakit maupun puskesmas. Padahal, imunisasi dasar lengkap sangat penting utuk perlindungan sang buah hati dari risiko terpapar virus SARS-CoV-2. Karena itulah, untuk memperingati Pekan Imunisasi Dunia 2021 yang jatuh setiap minggu keempat april, dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Surabaya (Ubaya) mendorong masyarakat tetap memberian imunisasi dasar lengkap kepada buah hati.
Dosen FK Ubaya dr Sajuni MKes MKed Klin SpMK menyatakan, imunisasi dasar lengkap tidak hanya penting utuk perlindungan anak dari Covid-19, tetapi juga penyakit kejadian luar biasa (PKLB) dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD31). ‘Meski Covid-19 sering terjadi kepada orang dewasa, vaksinasi untuk anak-anak juga perlu diperhatikan,’ katanya.
Menurut dia, beberapa jenis vaksin dasar yang bisa memberian perlindungan dari Covid-19 adalah BCG (bacillus Calmette-Guerin), DPT (difteri, pertusis, dan tetanus), hepatitis A, serta MMR (measles, mumps, and rubella). ‘Berdasar data dan penelitian yang sudah ada, terdapat kesamaan sebagian glikoprotein SARS-CoV-2 dengan measles dan rubela. Akibatnya, ada proteksi silang jika seseorang mendapatkan vaksin MMR atau MR,’ jelasnya. (ayu/c14/dio).
Sumber: Jawa Pos, 30 April 2021.